PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • YULISRIYANTI SMP SSA N PAJARAKAN RANDUAGUNG

Keywords:

Model PBL, Meningkatkan Kemampuan, Berpikir kritis

Abstract

Model PBL efektif meningkatkan kemampuan berpikir dan memahami materi secara berkelompok dengan melakukan investigasi dan inkuiri terhadap permasalahan yang nyata di sekitarnya untuk mendapatkan kesan yang mendalam dan lebih bermakna tentang apa yang dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IX B SMP Negeri 1 Jatiroto dengan penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas IX B SMP Negeri 1 Jatiroto dapat ditingkatkan melalui penerapan model Problem Based Learning. Peningkatan masing-masing indicator berpikir kritis tersebut antara lain indikator definisi dan klarifikasi masalah dari cukup menjadi baik yakni   sebesar 83%, kemudian indikator menilai informasi berdasarkan masalah kriteria penilaiannya meningkat dari cukup menjadi baik sebesar 85%, dan indikator merancang solusi berdasarkan masalah kriteria penilaian meningkat dari cukup menjadi baik sebesar 83%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Aly & Eny, Rahma. (2001). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.

Bhisma Murti. (2009). Berpikir Kritis (Critical Thinking). Seri Kuliah Budaya Ilmiah. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Diakses dari alamat http://researchengenis.com. pada tanggal 3 Maret 2012.

Buchari Alma. (2008). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Daniel Dike. (2010). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model TASC (Thinking Actively in a Social Context) pada Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian. Hlm. 15-29.

Dede Rosyada. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Modal Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (1988). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 722/Menkes/Per/IX/88 tentang Bahan Tambahan Pangan.

Fogarty, Robin. (1991). The Mindful School: How to Integrate the Curricula.Palatine,Illinois: IRI/Skylight Publising. Inc.

Hamzah B Uno,dkk. (2010). Desain Pembelajaran. Bandung: Publishing.

Herawati Susilo. (2000). Pendidikan MIPA Tingkat Dasar dan Menengah Era Globalisasi di Filipina. Prosiding, Seminar Nasional. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Huzaimah Hamid. (2009). Pengolahan dan Pengawetan Bahan Makanan serta Permasalahannya. Diakses dari alamat http://zaifbio.wordpress.com/2009 /02/02/pengolahan-dan-pengawetan- bahan-makanan-serta- permasalahannya pada tanggal 2 November 2011.

Ika Setyaningsih. (2010). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Problem Base Learning pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Kelas X-D Semester II SMA Negeri 4 Yogyakarta”. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan Biologi UNY.

Isjoni & Arif Ismail. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Izzatin Kamala. (2011). “Peningkatan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Problem Base Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VII B di SMP Negeri 1 Sayegan”. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan IPA UNY.

Jogiyanto. (2006). Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: Andi.

Made Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Martinis Yamin & Bansu Ansari. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nana Sudjana. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (1984). Prinsip-pronsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ni, Made. (2008). Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Laporan Penelitian. Hlm. 74-84.

Nizamuddin, Supartono & Hariwijaya. (1991). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurul Kamilati. (2006). Mengenal Kimia 2. Jakarta: Yudhistira.

Ratna Yuniar. (2010). Keterampilan Berpikir Kritis. Diakses dari alamat http://fisikasma-online.blogspot.com/2010/12/keterampilan-berpikir- kritis.html. pada tanggal 2 Februari 2012.

Rusman.(2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Saifuddin Azwar. (1996). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shahram, Yazdani. (2002). Learning Theories. Diakses dari alamat http://cmap.upb.edu.co/rid=1155658100609_1605921141_13667/learning%20t heorie. ppt. pada tanggal 20 Maret 2012.

Soewandi Hariwijaya. (1992). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sri Rahayu. (2011). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning dengan Tema Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya di Kelas VII B SMP Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan IPA UNY.

Sugihartono. et. all. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suharsimi, Arikunto., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumaji, dkk.(1998). Pendidikan Sains yang Humanistik. Yogyakarta:

Kanisius. Suparwoto. (2011). Sains dan Kajian Filsafat. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wisnu Cahyadi. (2009). Analisis dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wonorabardjo Surjani. (2010). Dasar- Dasar Sains. Jakarta: Indeks.

Yatim Riyanto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

YULISRIYANTI, Y. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(2), 942–953. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/2295