ANALISIS INVESTASI DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Authors

  • Dwi Yudha Saputro Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Painan
  • Basyarudin Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Painan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2129

Keywords:

Investasi, Pasar Modal, Pertumbuhan Ekonomi, Ekonomi Indonesia, Penanaman Modal

Abstract

Investasi merupakan penyaluran sejumlah uang pada saat ini dengan maksud untuk mendapatkan sejumlah keuntungan di masa mendatang. Investasi dapat diartikan sebagai komitmen untuk memasukkan sejumlah uang pada saat ini dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana analisis investasi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Penelitianini menggunakan tehnik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Investasi sangat berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi. Dengan meningkatnya investasi yang dapat meningkatkan kemampuan produksi yang diharapkan untuk menghasilkan hasil dan nilai tambah, sehingga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.Selain itu kemampuan wilayah untuk menemukan faktor-faktor yang dapat digunakan sebagai ukuran daya saing perekonomian wilayah terhadap wilayah lainnya juga sangat penting dalam upaya meningkatkan daya tariknya dan memenangkan persaingan. Salah satu faktor untuk meningkatkan pembangunan wilayah adalah dengan tersedianya modal dalam bentuk investasi. Ketiadaan modal dalam pembangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashshofa, Burhan. 1996. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Fahmi, Irham. 2014. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainya Teori Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Herlianto, Didit. 2013. Manajemen Investasi plus Jurus Mendeteksi Investasi Bodong.

Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Hidayati, Amalia Nuril. 2017. “Investasi: Analisis Dan Relevansinya Dengan Ekonomi Islam.” Malia: Jurnal Ekonomi Islam 8(2).

Ibrahim, Johnny. 2006. Teori Dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Malang: Bayumedia Publishing.

Mile, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. 2016. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Log Angeles: Sage Publications.

Noor, Henry faizal. 2008. Investasi: Pengelolaan Keuangan Bisnis Dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat. Jakarta: PT Indeks.

Qudsi, Suhartono Fadilah. 2009. Portofolio Investasi Dan Bursa Efek Pendekatan Teori Dan Praktik. Yogyakarta: STIM YKPN.

Sadono, Sukirno. 2011. Makroekonomi Teori Pengantar. 3rd ed. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan.

Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Saputro, D. Y., & Basyarudin, B. (2024). ANALISIS INVESTASI DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(1), 159–165. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2129