EKSPLORASI PERAN SEKOLAH DALAM MENGAJARKAN DAN MEMPERTAHANKAN KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA DI DESA

Authors

  • Arni Mahyudi STAI Darul Ulum Kandangan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2127

Keywords:

Peran Sekolah, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran sekolah dalam konteks pedagogi dan lingkungan desa dalam mengajarkan serta mempertahankan kemahiran berbahasa Indonesia. Dengan fokus pada lingkungan desa, penelitian ini mendalam menyelidiki strategi dan metode yang digunakan oleh sekolah untuk meningkatkan penguasaan bahasa Indonesia siswa. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara dengan guru, observasi pembelajaran, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menyoroti peran kunci guru dalam merancang kurikulum yang relevan dengan kehidupan sehari-hari di desa dan memotivasi siswa untuk mengembangkan kemahiran berbahasa. Selain itu, penelitian juga mengeksplorasi tantangan dan hambatan yang dihadapi sekolah, termasuk kurangnya sumber daya dan pengaruh bahasa daerah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa sekolah di desa memegang peranan vital dalam memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kemahiran berbahasa Indonesia siswa di lingkungan desa, dengan tantangan yang dihadapi harus diatasi secara komprehensif untuk mencapai hasil yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Julianti, Devi dan Irwan Siagian, Analisis Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 03(02), 2023.

Kurniawan, Heru dan Supriyono, Sekolah Literasi: Mengembangkan Pembelajaran Berorientasi Kemahiran Berbahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 06(02), 2021.

Kurniawati, Rikke. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pembiasaan Proses Belajar Peserta Didik di SD Ngaben Madura, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(01), 2023.

Salsabila, Unik Hanifah, dkk. Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi, Journal on Education. 03(01), 2020.

Yani, Dwi dan Setyaningsih Rachmania, Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata, Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 03(01), 2023.

Yulistio, Didi dan Agus Joko Purwadi, Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia Bidang Paragraf Tenaga Administrasi Sekolah Kota Bengkulu, Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 03(02), 2023.

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Mahyudi, A. (2024). EKSPLORASI PERAN SEKOLAH DALAM MENGAJARKAN DAN MEMPERTAHANKAN KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA DI DESA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(1), 134–145. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2127