PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS V UPTD SD NEGERI 124386 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Yeni Enjela Sianturi FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Muktar B Panjaitan FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Mungkap M Siahaan FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1691

Keywords:

Model Pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS murid kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematang Siantar. Pada penelitian ini terdapat 2 hipotesis yakni terdiri atas: (H_a) terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS murid kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematang Siantar dan (H_0) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS murid kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematang Siantar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen dengan jenis penelitrian pre-experimental design serta dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 11 murid laki-laki dan 15 murid Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi serta tes. Data diolah menggunakan Teknik analisis statistik. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa  t_hitung=25,556 dan t_tabel= 2,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa t_hitung>t_tabel sehingga terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran cooperative tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS murid kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematang Siantar. Artinya H_0 ditolak dan H_a diterima

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (Cetakan Kelimabelas). Jakarta: Rineka Cipta.

Kamaruddin, Ruzkyani, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV SD Muhammadiyah Perumnas Makassar. Makkasar : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Siahaan, M. M. (2021). The Effects Of Google Classroom In Learning Syntactic Structure. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(3), 1328–1344

Siahaan, M. M., & Sianturi, C. L. (2021). Pengaruh Metode Quantum Teaching dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menyenangkan Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3985-3998.

Octavia, Shilphy A. 2022. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Utami, A. T. 2020. Analisis Kesulitan Belajar dalam Mata Pelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri Soropadan Semeseter Gasal Tahun Ajaran 2020/2021.

Winarni, Endang Widi. 2018. Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu : Unit Penerbitan FKIP UNIB

Downloads

Published

2023-10-19

How to Cite

Sianturi, Y. E., Panjaitan, M. B., & Siahaan, M. M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS V UPTD SD NEGERI 124386 PEMATANG SIANTAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), 4489–4502. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1691