KUALITAS PELAYANAN DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
Keywords:
Kualitas, Pelayanan Perpustakaan, Hulu Sungai UtaraAbstract
Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara mempunyai peranan penting melayani masyarakat yang memerlukan peminjaman buku dan bahan bacaan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui: wawancara dengan informan sebanyak 12 orang, observasi dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan perpustakaan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari lima dimensi pelayanan publik yaitu: Pertama, Kehandalan (reliability) berdasarkan indikator tepat waktu dalam pemberian pelayanan cukup baik. Sedangkan indikator benar dalam memberi pelayanan cukup baik pula. Kedua, Bukti Langsung (tangible) berdasarkan pemberian pelayanan fasilitas koleksi buku-buku masih belum baik. Adapun penyediaan jumlah pegawai yang melayani sudah cukup baik. Ketiga, daya tanggap (responsiveness) berdasarkan indikator keinginan melayani dengan cepat cukup baik. Keempat, Jaminan (assurance) berdasarkan indikatot etika dan moral dalam memberikan pelayanan sudah cukup baik. Kelima, Empati (empaty) dengan indikator perhatian terhadap kebutuhan pelanggan kurang baik. Walaupun demikian. Namun pada indikator memahami keinginan pelanggan sudah cukup baik
Downloads
References
Arifin, Zainal dan Arman Tasai. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia (untuk
PerguruanTinggi) Jakarta; CV. Akademika Pressindo.
Bafadal, Ibrahim, 2015. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta; Remaja
Rosdakarya. Creswell, John W. 2020. Research Deign (Qualitative,
Quantitative and Mixed Methods Approaches. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Echols, John M. 1996. Kamus Bahasa Indonesia-Inggris (an English Indonesian
Dictionary). Jakarta; PT. Gramedia.
Fathoni, Abdurrahman.2006. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta; PT. Rinika Cipta.
Gibson, James L. dkk. 1993. Organisasi dan Manajemen. Jakarta; Irlangga.
Handoko, T. Hani. 2010. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia.
Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.
Hartono. 2015. Dasar-dasar Manajemen Perpustakaan dari masa ke masa.
Yogyakarta : UIN- Maliki Press.
---, 2017. Manajemen Sistem Informasi Perpustakaan (Konsep, Teori dan
Implementasi). Jakarta: Gava Media.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. E. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi dan
Implementasi. Bndung : PT. Remaja Rosdakarya.
Pasolong, Harbani. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.