KUALITAS PELAYANAN DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • M. Hasbi Salim Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1687

Keywords:

Kualitas, Pelayanan Perpustakaan, Hulu Sungai Utara

Abstract

Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara mempunyai peranan penting melayani masyarakat yang memerlukan peminjaman buku dan bahan bacaan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui: wawancara dengan informan sebanyak 12 orang, observasi dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan perpustakaan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari lima dimensi pelayanan publik yaitu: Pertama, Kehandalan (reliability) berdasarkan indikator  tepat waktu  dalam pemberian pelayanan  cukup baik. Sedangkan indikator benar dalam memberi pelayanan cukup baik pula. Kedua, Bukti Langsung (tangible) berdasarkan pemberian pelayanan fasilitas koleksi buku-buku masih belum baik. Adapun penyediaan jumlah pegawai yang melayani sudah cukup baik. Ketiga, daya tanggap (responsiveness)  berdasarkan indikator keinginan melayani  dengan cepat cukup baik. Keempat, Jaminan (assurance)  berdasarkan indikatot  etika dan moral dalam memberikan pelayanan sudah cukup baik. Kelima, Empati (empaty) dengan indikator perhatian terhadap kebutuhan pelanggan kurang baik. Walaupun demikian. Namun pada indikator memahami keinginan pelanggan sudah cukup baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal dan Arman Tasai. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia (untuk

PerguruanTinggi) Jakarta; CV. Akademika Pressindo.

Bafadal, Ibrahim, 2015. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta; Remaja

Rosdakarya. Creswell, John W. 2020. Research Deign (Qualitative,

Quantitative and Mixed Methods Approaches. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Echols, John M. 1996. Kamus Bahasa Indonesia-Inggris (an English Indonesian

Dictionary). Jakarta; PT. Gramedia.

Fathoni, Abdurrahman.2006. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta; PT. Rinika Cipta.

Gibson, James L. dkk. 1993. Organisasi dan Manajemen. Jakarta; Irlangga.

Handoko, T. Hani. 2010. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia.

Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Hartono. 2015. Dasar-dasar Manajemen Perpustakaan dari masa ke masa.

Yogyakarta : UIN- Maliki Press.

---, 2017. Manajemen Sistem Informasi Perpustakaan (Konsep, Teori dan

Implementasi). Jakarta: Gava Media.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi dan

Implementasi. Bndung : PT. Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabet.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Salim, M. H. (2023). KUALITAS PELAYANAN DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), 4450–4456. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1687