PENGARUH RESPONSIVENESS DAN TANGIBLE TERHADAP MINAT BELI DI RUMAH MAKAN MAWAR SHARON KOTA GORONTALO

Authors

  • Alansyah H. Mantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Yulinda L. Ismail Universitas Negeri Gorontalo
  • Zulfia K. Abdussamad Universitas Negeri Gorontalo
  • Idris Yanto Niode Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1573

Keywords:

Responsiveness, Tangible, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Responsiveness dan Tangible terhadap Minat Beli di Rumah Makan Mawar Sharon Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Pendekatan dalam penelitian ini yakni kuantitatif dengan metode korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 96 orang yang diperoleh proses sampling jenuh. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembeli di Rumah Makan Mawar Sharon Kota Gorontalo dengan koefisien determinasi sebesar 27,70%. Makna dari koefisien positif menunjukkan bahwa semakin responsif pelayanan yang diberikan oleh karyawan di Rumah Makan Mawar Sharon Kota Gorontalo maka akan berdampak baik dalam peningkatan minat pembeli dalam melakukan pembelian secara aktif. (2) Tangible berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembeli di Rumah Makan Mawar Sharon Kota Gorontalo dengan koefisien determinasi sebesar 52,20%. Makna dari koefisien positif menunjukkan bahwa minat pembeli di Rumah Makan Mawar Sharon Kota Gorontalo akan semakin meningkat apabila terdapat sasrana dan prasarana pelayanan yang memadai dan kekinian yang secara visual menarik dan berkesan bagi konsumen tersebut. (3) Responsiveness dan Tangible secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat pembeli di Rumah Makan Mawar Sharon Kota Gorontalo sebesar 77,90%. Sedangkan sisanya sebesar 20,10% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti reliability dalam pelayanan, assurance dalam pelayanan, emphaty dalam pelayanan, harga yang besaing dan kualitas produk makanan yang ditawarkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Rasyid, H. (2017). Pengaruh Kualitas dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Ecodemica, 1(2).

Alan, Y. (2016). Pengaruh Service Quality (Tangible, Empaty, Reability, Responsiveness dan Assurance) Terhadap Costumer Satisfaction: Penelitian Pada Hotel Serela Bandung Marantha. 15(2).

Bahri, S. (2015). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-AMOS. Deepublish.

Edi Haryanto. (2013). Kualitas Layanan, Fasilitas dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado. Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Fabuari, A. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan PelayananTerhadap Minat Beli Konsumen John’s Bakery di Kota Batam. Universitas Putera Batam.

Foster, B., Deni Johansyah, M., Raya Bandung-Sumedang Km, J., & Barat, J. (2019). International Journal of Innovation, Creativity and Change “The Effect of Product Quality and Price on Buying Interest with Risk As Intervening Variables (Study on Lazada.com Site Users)” International Journal of Innovation, Creativity and Change The effe. International Journal of Innovation, Creativity and Change •, 1315(November). http://www.csulb.edu/journals/jecr/issues/20141/Paper2.pdf

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, R., Radji, D. L., & Ismail, Y. L. (2020). Pengaruh Empathy dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 27–38. https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7105

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Prenhallindo.

Lupiyoadi. (2001). Service Quality dalam Pemasaran Edisi Kedua Jilid Empat. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maimunah. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention pada Pengemudi Taksi PT Blue Bird Medan.

Martono, & Irani, S. S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 687–699. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/download/10202/9971

Nor Hadi. (2018). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu.

Nulfi, K. dan M. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan. Management Analysis Journal, 4(2).

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantiatif (Z. Publishing (ed.)).

PUJIANTO, S. (2019). Pengaruh Responsiveness, Ease of Use, Reliability, Convenience, Fulfillment, Dan Security and Privacy Terhadap Customer Satisfaction Mandiri Mobile. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 20(2), 149–154. https://doi.org/10.34208/jba.v20i2.421

Putri, B. R. T. (2017). Manajemen Pemasaran. Universitas Udayana.

Salimun dan Sugiyanto. (2019). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Prospending Seminar Nasional Humanis 2019.

Sangadji, E. . (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Andi.

Saprilla, A. N. (2018). Pengaruh Responsiveness Perawat Dalam Praktik Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Inap Rsu Haji Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 173. https://doi.org/10.20473/jaki.v6i2.2018.173-179

Satria, D. A., & Sidharta, H. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Porkball. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(3), 398–408. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/562

Silaen, S. (2018). Metode Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Thesis. In Media.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Suroso, B. H., & Sri Setyo Iriani. (2014). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Mie Sedap Cup. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1174–1185.

Tjiptono, Fandi. (2004). Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Andi Offset.

Tjiptono, Fandi. (2012). Pemasaran Strategik. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Prilaku Konsumen. IPB Press.

Wibowo, P. A., & Muhtarom, A. (2018). DETERMINASI KUALITAS PELAYANAN: RELIABILITHY, ASSURANCE, TANGIBLE, EMPATHY, RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada J&T Express Lamongan). Jurnal Manajemen, 3(2), 664. https://doi.org/10.30736/jpim.v3i2.182

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Mantu, A. H., Ismail, Y. L., Abdussamad, Z. K., & Niode, I. Y. (2023). PENGARUH RESPONSIVENESS DAN TANGIBLE TERHADAP MINAT BELI DI RUMAH MAKAN MAWAR SHARON KOTA GORONTALO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), 4046–4057. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1573