PERNERAPAN POSISI SEMI FOWLER PADA PASIEN TB PARU UNTUK MENGURANGI SESAK NAFAS DI RUANG IGD RST WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO

Authors

  • Hindri Saputri Universitas Harapan Bangsa
  • Ikhsan Saifudin Universitas Harapan Bangsa
  • Indri Heri Susanti Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1243

Keywords:

TB Paru, Posisi Semi Fowler

Abstract

TB Paru merupakan penyakit gangguan pada sistem respirasi yang mengenai jaringan paru sehingga membutuhkan oksigen. Penanganan penderita TB Paru yang tidak benar akan menimbulkan berbagai macam komplikasi, salah satunya adalah sindrom gagal nafas dewasa. Penderita dengan sesak napas, pernapasan cuping hidung, sianosis dapat dilakukan pemberian O2 tambahan dan alat bantu napas dan dapat juga dilakukan tindakan pemberian posisi semi fowler. Posisi semi fowler yaitu mengangkat kepala dan tubuh dinaikkan dengan derajat kemiringan 45o, menggunakan gaya gravitasi untuk membantu pengembangan paru dan mengurangi tekanan dari abdomen ke diafragma. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek pemberian posisi semi fowler pada pasien TB Paru. Penelitian menggunakan studi kasus dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa posisi semi fowler efektif untuk mengurangi sesak nafas yang didukung dengan penelitian sebelumnya dan hasil evaluasi keperawatan. Kesimpulan dari penelitian ini setelah dilakukan intervensi keperawatan dapat disimpulkan bahwa pemberian posisi semi fowler dapat mengurangi keluhan sesak nafas dan batuk pada pasien TB Paru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berman, A., Snyder, S., & Frandsen, G. (2016). Kozier & ERB’S Fundamentals of Nursing: Concepts, Process, and Practice. England: Pearson Education Inc.

Brunner, S. (2016). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth edisi 8 Volume 1,2. Jakarta: penerbit Buku Kedokteran Indonesia EGC. Water (Switzerland).

Dahlia, Iid., Zakiyah, Ana., & Prameswari, Veryudha Eka. (2018). Efektifitas Pemberian Posisi Semi Fowler, Fowler dan High Fowler Terhadap Perubahan Respiratory Rate (RR) Pada Pasien Asma

Firdaus, Syamsul., Ehwan, Misbachul Munirul., & Rachmadi, Agus. (2019). Efektifitas Pemberian Oksigen Posisi Semi Fowler dan Fowler Terhadap Perubahan Saturasi Pada Pasien Asma Bronkial Persisten Ringan. Jurnal Keperawatan Volume 4 No 1.

Hidayat, A. A., & Uliyah, M. (2015). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Salemba Medika.

Muttaqin, A. (2014). Pengantar Asuhan Keperawatan Dengan Gangguan Sistem Pernafasan. Salemba Medika.

Ngastiyah. (2015) Perawatan Anak Sakit. Edisi 2. Penerbit Buku Kedokteran. EGC

Rizwani, W., & Anto, S. (2019). Penggunaan Obat Anti Tuberkulosis di Puskesmas Kota Juang Kabupaten Bireuen Aceh. Jurnal Dunia Farmasi, 1(2), 70–73. https://doi.org/10.33085/jdf.v1i2.4359

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia Definisi dan Indikator Diagnostik. Jakarta: Dewan Pengurus PPNI.

Zahroh. R & Susanto. (2017). Efektifitas Posisi Semi Fowler Dan Posisi Fowler Terhadap Penurunan Sesak Napas Pasien Tb Paru. Journals of Ners Community. Universitas Gresik.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Saputri, H., Saifudin, I., & Susanti, I. H. (2023). PERNERAPAN POSISI SEMI FOWLER PADA PASIEN TB PARU UNTUK MENGURANGI SESAK NAFAS DI RUANG IGD RST WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), 2982–2985. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1243