IMPLEMENTASI MANAJEMEN OPERASIONAL TERHADAP PENYELESAIAN MASALAH DI PT GUDANG GARAM

Authors

  • Rizqi Universitas Internasional Batam
  • Jovianto Universitas Internasional Batam
  • Saw Liong Universitas Internasional Batam
  • Kelvin Universitas Internasional Batam
  • Jacelyin Universitas Internasional Batam

Keywords:

Gudang Garam, Manajemen Operasional, Pandemi

Abstract

PT Gudang Garam merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di industri rokok. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu PT Gudang Garam mengalami kondisi yang harus melakukan strategi perubahan pada manajemen operasionalnya karena terkena dampak dari penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, untuk membahas manajemen operasional yang diimplementasikan pada perusahaan serta bagaimana strategi dan upaya yang dilakukan PT Gudang Garam selama penyelesaian masalah sebelum, selama dan setelah masa pandemi pada tingkat produktivitas perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas teori manajemen operasional yang dilakukan perusahaan untuk mengatasi masalah pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CNBC Indonesia. (2020). Pandemi, Laba Gudang Garam Q3 Jeblok 22% Jadi Rp 5,65 T. https://www.cnbcindonesia.com/market/20201028170908-17-197806/pandemi-laba-gudang-garam-q3-jeblok-22-jadi-rp-565-t

Darmawan, D., & Ratnasari, A. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Web Pada Pt Seatech Infosys. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(3), 365–372. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i3.931

Fahruddin, A. A. (2020). Implementasi Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Mamba’ul Hisan Sidayu Gresik. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.15

Fatah, K. A., & Jamil, M. (2022). PKM Implementasi Sistem Informasi Web Mobile Pada Peminjaman Kendaraan Operasional. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 10–21.

Fatmawati, T. N. (2018). Pengaruh Penerapan Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Komatsu Remanufacturing Asia Di Balikpapan. Ekonomia, 7(2), 039–045.

Fischer, M., Imgrund, F., Janiesch, C., & Winkelmann, A. (2020). Strategy archetypes for digital transformation: Defining meta objectives using business process management. Information and Management, 57(5), 103262. https://doi.org/10.1016/j.im.2019.103262

Friska P, H., Komariah, K., & Jhoansyah, D. (2020). Penerapan Model Product Layout Pada Layout Produksi PD HM Kue Pia. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 1(2), 124–135. https://doi.org/10.31539/budgeting.v1i2.798

Gudang Garam. (2021a). Annual Report 2021.

Harmony. (2021a). 5 Pendekatan Manajemen Kualitas, Prinsip Dan Syarat Menggunakannya. Harmony Blog. https://www.harmony.co.id/blog/5-pendekatan-manajemen-kualitas-prinsip-dan-syarat-menggunakannya

Harmony. (2021b). Manajemen Operasi: Pengertian, Fungsi Dan Penerapannya. Harmony.Co.Id. https://www.harmony.co.id/blog/manajemen-operasi-pengertian-fungsi-dan-penerapannya

Kadja, A. A. P., Foenay, C. C., & Fanggidae, R. P. C. (2019). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Semen pada CV. Dua Bersaudara Kupang. Journal Of Management, 8(1), 79–97.

Lama, R., Suyamto, & Suharyoko. (2021). Analisis Sistem Manajemen Pergudangan Pada Pt. Delta Merlin Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Widya Ganecwara, 11(1), 1–14.

Lohmer, J., & Lasch, R. (2020). Blockchain in operations management and manufacturing: Potential and barriers. Computers and Industrial Engineering, 149(August), 106789. https://doi.org/10.1016/j.cie.2020.106789

Mustamim, Sirojudin, D., & Waqfin, M. S. I. (2020). Manajemen SumberDaya Manusia (SDM) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sma 1 Darul Ulum. Jurnal Education and Development, 8(4), 275–280.

Nathania, E. (2021). Desain produk: Pengertian, tujuan, ruang lingkup, dan 3 jenisnya. Ekrut Media`. https://www.ekrut.com/media/desain-produk

Nurila, W. (2021). Descriptive Analysis on Product Design of PT. Yakult Malaysia (Case Study: STIE Student Sutaatmadja Subang). Diskursus Ilmu Manajemen STIESA (Dimensia), 18(1), 1–8.

Nuryanti, R., Aspiranti, T., & ... (2022). Analisis Peramalan Permintaan Produk Roti Manis dengan Menggunakan Metode Adjusted Exponential Smoothing untuk Mengoptimumkan Jumlah Produksi. Bandung Conference Series: Business and Management, 1(2), 507–516.

Olsen, T. L., & Tomlin, B. (2019). This One Not. Manufacturing & Service Operations Management, 22(1), 113–122.

Pahira, G., Kusuma, R. P., & Suhendar, H. (2022). Perancangan Desain Merchandise Menggunakan Metode Kreatif Sebagai Promosi Brand Produk (Studi Kasus: Gifa Group). Jurnal Digit, 12(1), 103. https://doi.org/10.51920/jd.v12i1.221

Pandaleke, G., & SB Sumarauw, J. (2019). Analisis Information Sharing Pada Pt Grab Indonesia Cabang Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 4829–4838.

Parinduri Luthfi, S Hasdiana, Bernadetta Purba Pratiwi, & Sudarso Andriasan. (2020). Manajemen Operasional: Teori dan Strategi - Luthfi Parinduri, Hasdiana S, Pratiwi Bernadetta Purba, Andriasan Sudarso, Ismail Marzuki, Rakhmad Armus, Noni Rozaini, Bonaraja Purba, Sukarman Purba, Madya Ahdiyat, John Refelino - Google Books. https://books.google.com/books/about/Manajemen_Operasional_Teori_dan_Strategi.html?hl=id&id=Z_UCEAAAQBAJ

Rizadi, A. (2017). Value Chain Analysis sebagai Alat untuk Meningkatkan Kinerja dalam Mencapai Keunggulan Bersaing pada Perusahaan Rokok (Studi Kasus Pada PT. X di Malang). http://lib.unair.ac.id

Tuahatu, E. C., Tutuhatunewa, A., & Tupan, J. M. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Pengiriman Barang Melalui Penerapan Metode Statistical Quality Control Pada Pt Pos Indonesia Cabang Ambon. I Tabaos, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2022.2.1.12-22

University of Thailand Center for Commerce. (2020). Product and Service Design. Operations Management. http://riped.utcc.ac.th/wp-content/uploads/sites/11/2016/01/5-Product-and-Service-Design.pdf

Wardah, S., & Iskandar, I. (2016). Analisis Peramalan Penjualan Produk Keripik Pisang Kemasan Bungkus (Studi Kasus: Home Industry Arwana Food Tembilahan). Jurnal Teknik Industri, 11(3), 135–142. https://doi.org/10.14710/jati.11.3.135-142

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Rizqi, R., Jovianto, J., Liong, S., Kelvin, K., & Jacelyin, J. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN OPERASIONAL TERHADAP PENYELESAIAN MASALAH DI PT GUDANG GARAM . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2199–2211. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/1042