PENGARUH PEMBELAJARAN NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN RUNGKUT MENANGGAL I SURABAYA

Authors

  • Dimas Agung Ainanda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sri Hartatik Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Nafiah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1244

Keywords:

Numeracy, Numeracy Learning, and Mathematical Problem Solving

Abstract

The purpose of this study is to analyze the effect of learning numeracy on the ability to solve mathematical problems. Polya's problem solving steps consist of understanding the problem, planning a solution, carrying out a solution plan, and checking again. This type of research is to use quantitative research methods and use pretest and posttest data collection techniques. The population in this study were fourth grade students at  Rungkut Menggal I Elementary School in Surabaya, totaling 30 students. The result of this research is that there is a difference in the effect of learning mathematics numeracy for fourth grade students at Rungkut Menggal I Elementary School in Surabaya. This can be seen from the results of testing the hypothesis using the t-test, it is found that the value of Tcount > Ttable is 5.038 > 2.048. Thus it can be concluded that Ho is rejected and H1 is accepted, meaning that there is an effect of learning mathematical numeracy on problem solving.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, S., & Salim, A. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 235.

Dantes, Nyoman, and Ni Nyoman Lisna Handayani. 2021. “Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja.” WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan 1 (3): 269–83. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung : Yrama Widya

Djamaludin, Ahdar. (2019). Wardana, Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaffah Learning Center

Ermis Suryana. (2013). Bimbingan dan onseling Di Sekolah dan Madrasah. Palembang : Noer Fikri

Fachri, M. (2014). Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa. 1, 132–133.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasudungan, A. N., & Abidin, N. F. (2020). Independent Learning: Forming The Pancasila Learner Through Historical Learning In Senior High School. Conference Seriesv.

Hikmawati, I. (2021). Peran Guru PPKn Dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila di MTs MUhammadiyah 1 Malang.

Ismail, S., dkk. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial., 1, 79–80.

Kurniati, Annisah. 2015. “Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini.” Suska Journal of Mathematics Education 1 (1): 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326.

Lie, A., dkkLie, A., dkk. (2020). Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter. Yogyakarta : PT Kanisius.

Lilis, Siti, Dkk. 2021. “Penerapan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Siswa MI/SD.” IAIN Pekalongan, 791.

Mahmud, Muhammad Rifqi, and Inne Marthyane Pratiwi. 2019. “Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur.” KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika 4 (1): 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88.

Manasikana, Arina. 2022. “Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika,” 1–64.

Mendikbud. 2020. “Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengebangan Dan Perbukuan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan AKM Dan Implikasinya Pada Pembelajaran.”

Oktaviana, Dewi, Bahrun Ali Murtopo, and Agus Salim Chamidi. 2022. “Pembiasaan Literasi Numerasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas V Mi Giwangreno Sruweng.” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 2 (1): 9–19. www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id.

Pangesti, and FitraningTyas Puji. 2018. “Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots.” Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education 5(9):566-7.

Polya, G. 1973. How to Solve It. Princeton. Vol. 2. Princeton University Press.

Rakhman, W., dkk. (2021). Sejumput Ide dari Bumi Tuntung Pandang. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Ramzani, Eko. 2015. “Hubungan Pengalaman Praktik Kerja Industri Dengan Minat Siswa Dalam Berwirausaha Di Smk Muhammadiyah Prambanan,” 1–100.

Ratna Windianti Utami, Bakti Toni Endaryanto, Tjipto Djuhartono. 2018. “Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 5 (3): 187–92.

Rosydiana, Ana -. 2017. “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya.” Mathematics Education Journal 1 (1)

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Soedjadi, R. 1994. Memantapkan Matematika Sekolah Sebagai Wahana Pendidikan Dan Pembudayaan Penalaran. Surabaya: Media Pendidikan Matematika Nasional.

Susanti, E. 2022. “Korelasi Antara Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas V Sd.” COLLASE (Creative of Learning Students … 05 (03): 574–78.

Syahidin, Syahidin. 2020. “Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah.” ASATIZA: Jurnal Pendidikan 1 (3): 373–81. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163.

Tahmidaten, Lilik, and Wawan Krismanto. 2020. “Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya).” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10 (1): 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Tunu, David J. I., Farida Daniel, and Netty J. M. Gella. 2022. “Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Ditinjau Dari Gender.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6 (2): 1499–1510.

Ulumiah, Fahimatul. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa MI Mambaul Ulum Kota Kediri Dalam Pembelajaran Matematika,” 1–23.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Fajar Interpranata Offset

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Ainanda, D. A., Hidayat, M. T., Hartatik, S., & Nafiah, N. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN RUNGKUT MENANGGAL I SURABAYA. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 440–449. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1244