PROSES BERPIKIR ANAK KETIKA MELAKUKAN PENGHITUNGAN DALAM PERMAINAN TRADISIONAL DARET BUAH DAMAR
PROSES BERPIKIR
Keywords:
Proses Berpikir, Operasi Hitung, Permainan TradisionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir anak tentang operasi hitung bilangan asli melalui permainan tradisional daret buah damar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, lembar wawancara, lembar soal, dan alat perekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan tradisional (daret buah damar) ada konsep operasi hitung bilangan asli yang terbangun dalam pikiran anak. Pada tahap pasang pot, yaitu saat anak menghitung banyaknya buah damar yang diperoleh pemenang jika terdapat m pemain dengan n pot, ada konsep tentang operasi penjumlahan dan pengurangan yang terbangun dalam pikiran anak. Pada saat masuk ke tahap mengumpulkan hasil pelemparan, terdapat konsep operasi pengurangan dan perkalian yang terbangun dalam pikiran anak.
Downloads
References
Burah, Zulfikar & Pathuddin, Hikmawati. (2021). Ethnomathematics: Modelling the volume of solid of revolution at Buginese and Makassarese traditional foods. Journal of Research and Advances in Mathematics Education
Ebersole, M. & Kanahele-Mossman, H. (2020). Broadening understandings of the cultural value of aloha in a teacher education program. Journal of Culture and Values in Education (JCVE), 3(2), 81-99. doi.org/10.46303/jcve.2020.14.
D’Ambrosio, U. (2006). Ethnomathematics: Link between traditions and modernity. ZDM, 40(6), 1033-1034.
Haryanto, Nusantara, Toto., Subanji., Abadyo. (2016). Ethnomathematics in Arfak (West Papua –Indonesia): Hidden Mathematics on knot of Rumah Kaki Seribu. Education Research and Reviews. http://www.academicjournals.org/ERR
Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 12089. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/01208
Jordan, N. N. R. (2020). How Secondary Mathematics Preservice Teachers Grapple with Enacting Culturally Responsive Practices at Placement Sites. International Journal of Science and Mathematics Education
Mampouw, H.L. (2018). Eksplorasi Konsep Dasar Matematika Melalui Konteks Lokal dan Penggunaannya Dalam Pembelajaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Ormrod, Jeanne Ellis. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga
Palinussa, A, dkk. (2021). Realistic Mathematics Education: Mathematical Reasoning and Communication Skills in Rural Contexts. IJERE: International Journal of Evaluation and Research in Education
Peranginangin, S. A, dkk. (2019). Development of Learning Materials through PBL with Karo Culture Context to Improve Students’ Problem Solving Ability and Self-Efficacy. IEJME: International Electronic Journal Of Mathematics Education
Rosa, M., & Orey, D. C. (2016). Humanizing Mathematics through Ethnomodelling. Gerais Brasil. Journal of Humanistic Mathematics, 6(2).
Subanji. (2016). Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan. Hal. 297-313
Sunzuma, G, dkk. (2019). Teacher-related Challenges Affecting the Integration of Ethnomathematics Approaches into the Teaching of Geometry. EJMSTE: EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education
Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali
Syafitri, T. I. (2016). Proses Berpikir Siswa Tunanetra Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di UPT SMPLBN Kota Pasuruan. Tesis Tidak Dipublikasikan. PPs Universitas Negeri Malang
Zimet, G. Russo & Itzhak. (2017). Perceptions Regarding the Care and Education of Children from Birth to Age Three among Students of Early Childhood Education: Changes between Pre-training and Post-training. Journal of Education and Training Studies.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.