ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN MASKER PADA TOKO ALKES POLARIS MAS INDOMEDIKA TEGAL

Authors

  • Toto Sudibyo Universitas Bhamada Slawi
  • M.Wahab Khasbulloh Universitas Bhamada Slawi

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.730

Keywords:

Bauran Pemasaran, Penjualan

Abstract

Pandemi COVID-19 telah meningkatkan permintaan akan masker di seluruh dunia. Hal ini mendorong banyak toko alat kesehatan untuk menjual masker sebagai salah satu produk andalannya. Polaris Mas Indomedika Tegal merupakan salah satu toko alat kesehatan yang menjual masker dan mengalami peningkatan penjualan selama pandemi COVID-19. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap penjualan masker di toko Polaris Mas Indomedika Tegal. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai manajemen toko dan melakukan observasi terhadap produk, harga, promosi, dan distribusi masker di toko ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk masker yang dijual di toko Polaris Mas Indomedika Tegal memiliki kualitas yang baik dan bervariasi. Harga yang ditawarkan cukup bersaing dengan toko sejenis lainnya dan diskon khusus diberikan untuk pembelian dalam jumlah banyak. Promosi dilakukan melalui media sosial, brosur, dan promosi langsung. Toko ini juga memberikan layanan pengiriman gratis untuk wilayah tertentu dan memberikan bonus atau hadiah bagi pembeli dalam jumlah tertentu. Distribusi produk yang mudah diakses membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli produk di toko ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh toko Polaris Mas Indomedika Tegal cukup efektif dalam meningkatkan penjualan masker. Artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan masukan bagi toko alat kesehatan lainnya dalam mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Pearson Education Limited.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2015). Marketing: An introduction. Pearson Education Limited.

Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT: Teknik membedah Kasus Bisnis (p. 398). Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta).

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Leong, S. M., & Tan, C. T. (2017). Marketing management: An Asian perspective. Pearson.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Service, Quality & Satisfaction (Andi Offset).

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services marketing: Integrating customer focus across the firm. McGraw-Hill Education.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Sudibyo, T., & Khasbulloh, M. (2023). ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN MASKER PADA TOKO ALKES POLARIS MAS INDOMEDIKA TEGAL. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1243–1253. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.730