PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAN KEUNGGULAN LAYANAN TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN KEPUASAN CUSTOMER SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PT ARIABIMA PROPERTINDO

Authors

  • Muammar Afif AL Qusaeri Universitas Bhamada Slawi
  • M.Wahab Khasbulloh Universitas Bhamada Slawi
  • Muthia’tul Khasanah Universitas Bhamada Slawi

Keywords:

Keunggulan Produk, Keunggulan Layanan, Kepuasan Dan Customer Loyalty

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Keunggulan Produk dan Keunggulan Layanan terhadap Customer Loyalty dengan Kepuasan Customer sebagai Variabel Intervening di PT Ariabima Propertindo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Keunggulan Produk terhadap kepuasan, untuk menganalisis pengaruh Keunggulan Layananterhadap kepuasan, untuk menganalisis pengaruh kepuasan terhadap Customer Loyalty, untuk menganalisis pengaruh Keunggulan Produk terhadap Customer Loyalty, untuk menganalisis pengaruh Keunggulan Layanan terhadap Customer Loyalty. Penelitian ini dilakukan pada konsumen PT Ariabima propertindo Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Yaitu metode yang bertujauan pengumpulan data dengan cara pengisian angket, responden sebanyak 100 karyawan Metode analisis yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM). Hasil  penelitian ini adalah keunggulan produk berpangaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan , keunggulan layanan berpangaruh   positif dan signifikan terhadap kepuasan, kepuasan berpangaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty, keunggulan produk berpengaruh positif terhadap customer loyalty dan keunggulan layanan berpangaruh   negatif  terhadap customer loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A.M . 2014 . The influence of product superiortiy and service excellence on customer satisfaction at KFC malaka city , Journal of Busines and Management ISSN 2249

Aminudin. 2014. Pengaruh kualitas layanan dan keungulan produk terhadap kepuasan nasabah Bank mandiri cabang cirebon, Journal Marketing . ISSN: 2322-8913, Vol. 2

Ahmad, S. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank syariah mandiri kantor Bandung, Journal Marketing Vol. 12, No. 6

Eka, C, 2015.Keunggulan produk dan Keunggulan Layanan berpengaruh terhadap Customer Loyalty pada perumahan Puri permata indah , Journal Marketing , ISSN : 1227-2056

Fornell. 2010. Stategic Market Plening, Wes Publishing Compeny, New York

Fitri, M. 2015. Pengaruh Keunggulan produk dan Keunggulan Layanan berpengaruh terhadap Customer Loyalty di daihatshu zirang cabang bali, Journal Marketing Vol. 5, No. 1

Ferdinand. 2012. Structural Equation Modeling. Penerbit BPFE. Yogyakarta

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariaete Dengan Program IBM SPSS 23, Semarang : Universitas Diponegoro

Kasper. 2012. Stategic Market Plening, Wes Publishing Compeny, New York

Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran, PT Prenhallindo, Jakarta

Karim, M. 2015. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap customer pata PT Asra prima palembang, Journal Marketing Vol. 9, No. 4

Mital,V. 2014. Consumer Behavior and Marketing Action, 5th edition, South Western College Publishing, Cincinatti, ISSN : 2337-306.

Munfaat, 2003. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Oliver, 2010. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian, yogyakarta: andi offset.

Robert, W. 2010. “Customer Satisfaction, Market Share, and Profitability: Finding From Sweden”, Free Press, New York

Robbins. 2011. Manajemen pemasaran. Jakarta : Salemba Empat.

Sunyoto, D. 2015. Manajemen pemasaran , Yogyakarta: CAPS.

Sintaasih, D,K 2015. Kepuasan konsumen,Keunggulan produk dan Keunggulan Layanan berpengaruh terhadap Customer Loyalty pada perumahan Puri Mediterania , Journal Marketing , ISSN : 2337-3067

Sunarto. 2008. Manajemen Pemasaran 2 , UTS Press Yogyakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Umar,Husen (2013). Metode penelitian untuk skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Yulianthini. 2016. Pengaruh kualitas layanan dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah Bank BRI cabang manado. Journal of Busines and Management, Volume 4

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Qusaeri, M. A. A., Khasbulloh, M., & Khasanah, M. (2023). PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAN KEUNGGULAN LAYANAN TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN KEPUASAN CUSTOMER SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PT ARIABIMA PROPERTINDO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1098–1106. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/706