PENGARUH EDUKASI DAN KETERAMPILAN DASAR DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG PIJAT BAYI TERHADAP KEMAMPUAN WANITA PRODUKTIF DI WILAYAH KERJA IMPERIUM RARE KUMARA KELURAHAN MANGGARAI KECAMATAN TEBET JAKARTA SELATAN TAHUN 2023

Authors

  • Fauzi Darmayanti Universitas Indonesia Maju
  • Retno Puji Astuti Universitas Indonesia Maju
  • Madinah Munawaroh Hayatullah Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.703

Keywords:

Pelatihan, Edukasi, Keterampilan, Pengetahuan, Pijat Bayi, Kemampuan Wanita Produktif

Abstract

Pijat bayi atau disebut juga stimulus  touch, merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh orang tua yaitu kebutuhan fisik biologis yang berguna untuk perkembangan otak, system syaraf sensorik, serta motorik, kebutuhan kasih sayang untuk kecerdasan emosi, inter dan intrapersonal bayi. Pijat bayi juga merupakan kebutuhan stimulus untuk merangsang semua kerja system sensorik dan motorik bayi. Pijat bayi merupakan terapi sentuh yang sudah ada sejak zaman dulu. Pijat bayi memberikan manfaat yang begitu besar apabila dilakukan dengan mekanisme atau teknik pemijatan yang benar dan dilakukan oleh orang yang sudah terlatih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi dan keterampilan dasar dalam meningkatkan pengetahuan tentang pijat bayi terhadap kemampuan wanita produktif di wilayah kerja Imperium Rare Kumara Kelurahan Manggarai Kecamatan Tebet Jakarta Selatan tahun 2023. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Cross Sectional dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah wanita produktif sebanyak 50 orang di wilayah kerja Imperium Rare Kumara Kelurahan Manggarai Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Teknik sampling yang digunakan berupa Purposif Sampling yaitu dengan Total Populasi sebanyak 50 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Lokasi penelitian ini di wilayah kerja Imperium Rare Kumara Kelurahan Manggarai Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Berdasarkan skor hasil rata-rata pretest-posttest pengetahuan, dapat diketahui rata-rata skor pretest pengetahuan sebesar 5,14 sedangkan skor posttest pengetahuan memiliki rata-rata skor sebesar 8,60, dengan peningkatan skor sebesar 3,46, yang artinya pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan responden.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mita Pemayun CI, Winangsih R. Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pijat Bayi Di Desa Dajan Peken Tabanan. J Med Usada. 2021;4(1):28–33.

Wahyuningsih SE, Setiyowati W, Akademi D, Abdi K, Semarang H, Akademi D, et al. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perkembangan Bayi Usia 6-12 Bulan Di Klinik Little Angel Mapagan Ungaran Kabupaten Semarang. 2018;II(3):2–6.

Napirah Ryman AR. Efektifitas Pijat Bayi Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan Di Kelurahan Bintaro Jakarta. J Pengemb Kota. 2016;(2013).

Katili DNO, Dasuki D, Mawarti R. Pengaruh Stimulasi Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Pada Bayi Berat Lahir Rendah Di Kota Yog. J public Heal [Internet]. 2018; Available from: https://osf.io/preprints/inarxiv/ehfcr/

Nurlaily AP. Pengaruh Pelatihan Pijat Bayi Terhadap Perilaku Ibu Di Wilayah Kelurahan Plesungan. Adi Husada Nurs J. 2018;4(1):33.

Sri N, Susanti R. Hubungan Pendidikan Dan Informasi Dengan Pengetahuan Ibu Tentang Pijat Bayi. 2022;1(1).

Delvia S, Azhari MH. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Psikomotor Ibu Tentang Pijat Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraya Kabupaten Ogan Komering Ulu. JPP (Jurnal Kesehat Poltekkes Palembang). 2019;14(1):65–9.

Mitra S, Husada RIA, Tresnayanti N. EFEKTIVITAS PELATIHAN PIJAT BAYI TERHADAP KETERAMPILAN PIJAT BAYI PADA IBU YANG MEMPUNYAI BAYI.

Kesehatan J. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Tumbuh Kembang Bayi. 2021;10(2):27–32.

Rosidi IYD, Purnamasari L. Sosialisasi dan Simulasi Tentang Pemijatan Bayi Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Bayi. To Maega J Pengabdi Masy. 2021;4(1):63.

Notoadmodjo S. Promosi Kesehatan & Prilaku Kesehatan. Jakarta: EGC. 2012.

Tommy Suprapto. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta; 1012.

Setiawandari. Modul stimulasi pijat bayi dan balita. Research Gate. 2019. 1–48 p.

Imas Masturoh NA. Metodologi Penelitian Kesehatan. 2018.

Nuryadi, Astuti TD, Utami ES, Budiantara M. Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. 2017. 74 p.

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Darmayanti, F., Astuti, R. P., & Hayatullah, M. M. (2023). PENGARUH EDUKASI DAN KETERAMPILAN DASAR DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG PIJAT BAYI TERHADAP KEMAMPUAN WANITA PRODUKTIF DI WILAYAH KERJA IMPERIUM RARE KUMARA KELURAHAN MANGGARAI KECAMATAN TEBET JAKARTA SELATAN TAHUN 2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1065–1078. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.703