HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SUAMI, PEMBERIAN INFORMASI DAN PERSEPSI DENGAN RENDAHNYA PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD DI DESA SUKAWANGI TAHUN 2023

Authors

  • Lisnawati Universitas Indonesia Maju
  • Rita Ayu Yolandia Universitas Indonesia Maju
  • Rizkiana Putri Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.701

Keywords:

IUD, Dukungan Suami, Pemberian Informasi, Persepsi

Abstract

Masalah kependudukan menjadi tantangan yang sangat kuat dan erat kaitannya dengan wacana kesejahteraan penduduk khususnya Indonesia. Indonesia berada di posisi keempat yang memiliki penduduk terbesar di dunia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan fertilitas adalah dengan menggunakan metode kontrasepsi yang disarankan oleh pemerintah dan paling efektif dalam menurunkan angka kelahiran yaitu IUD, namun penggunaan IUD di Indoensia masih sangat rendah. yaitu 8,5 % pada tahun 2020.  Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui hubungan dukungan suami, pemberian informasi dan persepsi dengan rendahnya penggunaan alat kontrasepsi IUD di Desa Sukawangi Tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian studi analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling Jumlah sampel adalah 302 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan IUD masih rendah yaitu 2 %, sebagian besar responden yaitu 92,4% menyatakan suami tidak mendukung, 87,7% responden mendapat pemberian informasi tidak cukup dan 83,4% responden memiliki persepsi negatif. Hasil uji statistic dengan chi-square diperoleh bahwa terdapat hubungan antara dukungan suami pvalue= 0,000, pemberian informasi pvalue= 0,000 dan persepsi pvalue= 0,008 dengan rendahnya penggunan IUD. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan suami, pemberian informasi dan persepsi dengan rendahnya penggunaan alat kontrasepsi IUD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Purba D. Pelayanan Keluarga Berencana (KB) (1 ed.). Medan: Yayasan Kita Menulis; 2021.

Yuliati. I. F. Peramalan Dan Analisis Hubungan Faktor Penggerakan Lini. Jurnal Keluarga Berencana 2022;

BKKBN. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kedeputian Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Jakarta: BKKBN; 2021.

Rohaeni & Iis. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyebab Rendahnya Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR). Jurnal Ilmiah Indonesia. 2020;5.

Etnis. B. R. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Kontrasepsi Iud Pada Wanita Usia Subur (Wus) Di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun 2016. Global Health Science. 2018;Volume 3,.

Anggarini et al. Pelayanan Kontrasepsi. Medan: Yayasan Kita Menulis; 2021.

Sari. M.H.N et al. Factors Relating to the Interest of Use MKJP (IUD and Implant) in the Village of Perigi Mekar, Ciseeng, Bogor. Journal Of Midwifery Science Basic and Applied Research. 2020;Volume 2.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia; 2020.

DinKes Jabar. Profil Kesehatan Jawa Barat. Bandung: Dinas Kesehatan Jawa barat; 2020.

Maimunah et al. Peran Suami dan Nutrisi Pada Produksi ASI. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim; 2021.

Ratnawati. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kurangnya Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD Di Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Skripsi Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2021;

Suryani et al. Buku Ajar Perilaku Organisasi. Bali: Nilacakra; 2019.

Loy et al. Analisis Faktor Determinan yang Mempengaruhi Sikap WUS Dalam Menggunakan AKDR Di Puskesmas Pesantren II Kota Kediri. Journal For Quality Women’s Health. 2020;3.

Iswandari et al. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Di Puskesmas Pekauman Banjarmasin. Dinamika Kesehatan,. 2017;8.

Purnandias.I.L et al. Hubungan Persepsi Efek Samping IUD, Dukungan Suami Dan Kepraktisan IUD Dengan Keikutsertaan Akseptor IUD Di Kelurahan Jatisari Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018;6.

Suharti S. Terdapat pengaruh KIE KB IUD dilihar dari umur, pendidikan, jumlah anak, keterbukaan, empati, kesetaraan dan media konseling terhadap penggunaan IUD. Jurnal Ilmu Kebidanan IMELDA. 2016;2.

Matahari R et al. Buku Ajar Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Yogyakarta: Pustaka Ilmu; 2019.

Yunida et al. Kontrasepsi dan Antenatal care. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi; 2021.

BKKBN. Pedoman Pelayanan Kontrasepsi dan Keluarga Berencana. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2021.

Hutomo et al. Asuhan Kebidanan Pada Kesehatan Reproduksi Dan

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Lisnawati, L., Yolandia, R. A., & Putri, R. (2023). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SUAMI, PEMBERIAN INFORMASI DAN PERSEPSI DENGAN RENDAHNYA PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD DI DESA SUKAWANGI TAHUN 2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1043–1054. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.701