MERANCANG PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PERBANTUAN EDDPUZZLE DALAM OPTIMALISASI BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Authors

  • Choerul Anwar Pendidikan Dasar

Keywords:

Berpikir Kritits, Covid 19, Discovery Learning, EdPuzzle

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Discovery Learning perbantuan Aplikasi Edpuzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan peneliti adalah studi pustaka yang artinya peneliti melihat dan meriview artikel yang berkaitan dengan topik yang peneliti ambil. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah peneliti melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti buku, artikel jurnal yang didalamnya berkaitan dengan topik yang diambil yaitu merancang model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Ed Puzzle dalam optimalisasi berpikir kritis siswa SD. Hasil penelitian, pada Model Discovery Learning siswa dapat menemukan sendiri konsep pembelajaran sehingga siswa dipaksa aktif dan guru berperan sebagai fasilitator saja. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam matematika akan berkembang setelah diberikan model pembelajaran DL ini. Simpulan, model pembelajaran menggunakan Discovery Learning dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran Discovery Learning sangat efektif untuk diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di kelas. Siswa menjadi lebih aktif menemukan konsep, sehingga dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, N., & Ganiati, M. (2021). Implementasi EdPuzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 06(02), 46–51.

Adi Saputro, M. ., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction, 4(1), 24–39.

Bahir, Fitra, Inanna, Hasan M, Tahir T, R. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.47080/progress.v1i1.130

Pembelajaran Discovery Learning Kelas XI SMA Negeri 1 Pamekasan. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 4(2), 1–

9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v4i2.2146.

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa SD Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325

Khoirunnisa, Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(6).

Masgumelar, N. K. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.

Nafisa, D., & Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma, 2, 854–861.

Ngadiwon. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta. 1(1), 117–130.

Nugraha, G., Supianti, I. I., Magister, P., Matematika, P., Pasundan, P. U., & Learning, D. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis ********* Siswa SMK. Journal PJME, 10(1), 78–87. https://doi.org/10.5035/pjme.v10i1.2439

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308– 1314.

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98

Resty, Z. N., Muhardjito, M., & Mufti, N. (2019). Discovery Learning Berbantuan Schoology: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 267–273. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12040

Rustamana, H. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran berbasis Penyelidikan (Discovery Learning) untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Abad - 21 Pada Mata Pelajaran Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cinangka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3(1), 139–154.

Sa’diyah, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. EDUKASI : Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 11(1), 55–66.

Sidiq, M. A., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 361–370. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.358

Sirri, E., & Lestari, P. (2020). Implementasi EdPuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 67–72.

Tirtanawati, M. R., Purnama, Y. I., Prastiwi, C. H. W., & Ika R, O. (2021). Pelatihan Penggunaan Video Interaktif Pembelajaran Bahasa dengan Aplikasi Audacity dan EdPuzzle Bagi Guru MTS Darut Tauhid Desa Ngablak, Bojonegoro. PADI : Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia, 4(1), 26–33.

Wedekaningsih, A., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Anwar, C. (2023). MERANCANG PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PERBANTUAN EDDPUZZLE DALAM OPTIMALISASI BERPIKIR KRITIS SISWA SD. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 384–393. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/386