IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERBASIS BUDAYA LOKAL HALMAHERA DI SMA NEGERI 1 HALMAHERA UTARA

Authors

  • Angki Latuwael Universitas Kristen Indonesia
  • Erni Murniarti Universitas Kristen Indonesia
  • Hotner Tampubolon Universitas Kristen Indonesia

Keywords:

kurikulum Merdeka, budaya local, Halmahera utara

Abstract

Kurikulum Merdeka, yang diperkenalkan oleh Kemendikbudristek pada 2022, memberi fleksibilitas bagi sekolah untuk menyesuaikan kurikulum dengan karakteristik lokal dan kebutuhan siswa, serta fokus pada pengembangan potensi individu dalam konteks sosial dan budaya daerah. Integrasi budaya lokal dalam pendidikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta membantu mereka memahami nilai-nilai kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Budaya Lokal Halmahera di SMA Negeri 1 Halmahera Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan tiga tahap yaitu:1) Reduksi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka berbasis budaya lokal Halmahera di SMA Negeri 1 Halmahera Utara menunjukkan komitmen sekolah dalam menghadirkan pembelajaran fleksibel dan responsif. Kurikulum yang disesuaikan memungkinkan guru merancang pembelajaran sesuai minat dan bakat siswa. Keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan meningkat setelah diterapkannya kurikulum merdeka berbasis budaya lokal halmahera

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif Nur. (2022). Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal dan Implementasinya Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 11/NO: 03.

Amirin, T. M. (2012). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amir, M., & Kurnia, S. (2020). Pembelajaran Psikomotorik melalui Budaya Lokal di Maluku Utara. Yogyakarta: Deepublish.

Arifin, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(3), 40-55

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, K., & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 56-67.

Fitriani, D. (2021). "Pengaruh Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal terhadap Penghargaan Nilai Budaya di SMA". Jurnal Pendidikan dan Budaya, 15(3), 67-78.

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). "School Engagement: Potential of the Concept, State of the Evidence". Review of Educational Research, 74(1), 59-109.

Hakim, A. (2021). "Pengaruh Ketersediaan Materi Ajar Berbasis Budaya Terhadap Kreativitas Guru". Jurnal Pendidikan Nusantara, 12(2), 78-89.

Hartono R. Suastra I.W & Asmawan I (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Melestarikan Budaya Nusantara. EDUKASIA : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 4 Nomor 2 (Desember, 2023) pp 823-828.

Hasim R & Kamisi M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Marimoi Ngone Futuru (Bersatu Kita Teguh) Dalam Mewujudkan Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sma Kota Ternate. Jurnal Geocivic Vol 4, Nomor 2, Oktober 2023.

Hidayat, R., & Nuraini, L. (2020). "Peran Fasilitas Pendidikan dalam Meningkatkan Pemahaman Budaya Lokal". Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(3), 67-79.

Ikram, M. (2023). Implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Parepare. edium: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 21-29.

Intasari I, Sugara U & Widiyana. (2024). Potensi Indigenous Knowledge sebagai upaya Pembangunan Karakter Siswa di Indonesia. SHEs: Conference Series 7 (3) (2024) 851- 862.

Ismail, N. (2021). Sejarah Lokal dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah: Studi Kasus Halmahera. Surabaya: Cakrawala Press.

Junaidi, H. (2019). Pengaruh Infrastruktur Pendidikan terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 45-58.

Junaidi, M. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Nasional, 11(1), 112-125.

Kemendikbud RI. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kemendikbudristek RI. (2022). Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmud, H., & Taufik, F. (2022). "Efektivitas Pendekatan Kontekstual Berbasis Budaya Lokal dalam Peningkatan Keterlibatan Kognitif Siswa". Jurnal Pendidikan Karakter, 18(1), 101-115

Nasution, R. (2022). "Pembentukan Identitas Budaya Melalui Materi Ajar Berbasis Lokal". Jurnal Pendidikan dan Budaya, 18(2), 65-78.

Nisa A & Nugroho Nugroho R (2017). Implementasi Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal Di Sd Negeri Jarakan Panggungharjo Sewon Bantul. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 1 Tahun 2017. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen pendidikan/article/view/21149/0.

Nurcahyo, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Wacana Akademi: Majalah Ilmiah Kependidikan,6(3),377–384.

Pratama, D., & Rizal, M. (2020). "Pentingnya Materi Ajar Berbasis Budaya dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Budaya Lokal". Jurnal Pendidikan dan Budaya, 13(3), 40-55.

Rahmadani, T. (2022). "Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal: Studi Kasus di Maluku Utara". Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 123-135.

Sari, R. D., & Abdullah, M. (2020). Peran Fasilitas Belajar dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 129-139.

Sari, F., & Rahman, Y. (2020). "Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Menengah". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 22-33.

Sugiarto, E. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Tesis dan Tesis. Yogyakarta : Suaka Media.

Taib B, Oktaviani W, & Raharjo B. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Melestarikan Budaya Lokal Moloku Kie Raha pada Pendidikan Anak Usia Dini. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No. 2, Bulan April Tahun 2024.

Wijaya, Y. (2021). Peran Masyarakat dalam Pendidikan Berbasis Budaya. Jurnal Lingkungan dan Budaya, 19(2), 67-80.

Wirawan, E., & Fitri, I. (2021). Ruang Praktik untuk Pembelajaran Seni dan Budaya Lokal. Jurnal Kebudayaan Nusantara, 15(1), 41-52.

Yuniarti, R. (2018). Pendekatan Berbasis Budaya Lokal dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 10(1), 23-35.

Yusuf, A., & Herlina, R. (2022). "Implementasi Pembelajaran Tarian Cakalele dalam Meningkatkan Keterlibatan Perilaku Siswa". Jurnal Seni dan Budaya Nusantara, 10(2), 89-102.

Zainuddin, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Pendidikan Berbasis Budaya Lokal di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 112-123.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Latuwael, A., Murniarti, E., & Tampubolon, H. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERBASIS BUDAYA LOKAL HALMAHERA DI SMA NEGERI 1 HALMAHERA UTARA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(11), 5091–5107. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3613