PENINGKATAN KAPABILITAS DIGITAL UMKM MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING, BRANDING, DAN PEMBUATAN AKUN MEDIA SOSIAL BISNIS DI DESA PULAU PAYUNG

Authors

  • Ebel Vigrajuska Asri Universitas Riau
  • Syifa Putri Aimar Universitas Riau
  • Fauziyatun Nisa Rahmadani Universitas Riau
  • Wellyn Cesharina Meylan Universitas Riau
  • Debyta Yananta Sari Universitas Riau
  • Fadil Rafita Universitas Riau

Keywords:

Digital, UMKM, Pelatihan, Marketing, Branding

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Pulau Payung, Kabupaten Kampar menghadapi tantangan dalam mengadopsi teknologi digital untuk pengembangan usaha mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas digital pelaku UMKM melalui program pelatihan digital marketing, branding, dan pembuatan akun media sosial bisnis. Program ini melibatkan 17 pelaku UMKM lokal dan dilaksanakan dalam tiga tahap: pengumpulan data, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan kenaikan skor pemahaman digital marketing sebesar 42 poin (dari 43 menjadi 85) dan branding produk sebesar 46 poin (dari 40 menjadi 86). Jumlah akun media sosial bisnis meningkat dari 2 menjadi 17 akun. Program ini berhasil meningkatkan literasi digital pelaku UMKM dan memberikan mereka alat praktis untuk mengembangkan presence digital mereka, yang penting untuk pertumbuhan bisnis di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Administrator. "UMKM Indonesia Makin Kuat: Program Level Up 2024 Siap Dorong Digitalisasi Bisnis." Indonesia.go.id, September 4, 2024. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8587/umkm-indonesia-makin-kuat-program-level-up-2024-siap-dorong-digitalisasi-bisnis.

Framita, D. S., and D. Maulita. "Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang." BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 3 (2020): 107-118.

Lisnawati. "Tantangan UMKM di Tahun 2024." Pusat Analisis Keparlemenan, Badan Keahlian Setjen DPR RI, November 2023. https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/isu_sepekan/Isu%20Sepekan---V-PUSLIT-November-2023-246.pdf.

Mahfirah, T. F., Rahmi, Haneul, T. Haura, and C. A. Putri. "Pelatihan product branding sebagai optimalisasi strategi pemasaran bagi UMKM." Sarwahita 20, no. 2 (2023): 131-141.

Marpaung, A. P., S. H. Muhammad, K. Murvina, and D. Wulan. "Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada UMKM Melalui Digital Marketing." Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan 2, no. 1 (2021): 294-300.

Maryam, I., and S. Widjajani. "Pelatihan branding dan packaging produk UMKM di Desa Ganggeng Kabupaten Purworejo." Jurnal Terapan Ekonomi dan Bisnis 3, no. 1 (2023): 1-11.

Maulidasari, C. D., and R. Setiyana. "Sosialisasi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)." Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar 2, no. 1 (2020): 63-73.

Nisa, Ajeng, and Dwi Novaria Misidawati. "Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Indonesia." Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis (2024): 184-190.

Putri, Elisa, Ilham Ilham, and Sulkifli Sulkifli. "Pemanfaatan Digital Marketing Melalui Aplikasi Facebook Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Produk Karang Hias (Coral) Di PT. Dirga Mega Cipta Bekasi Jawa Barat." Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis 2, no. 3 (2024): 1-14.

Setianingtyas, A., and E. I. Nurlaili. "Analisis Social Media Marketing dan Tampilan Produk Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pamos Shop Mojokerto." Jurnal Manajemen Bisnis 17, no. 2 (2020): 207-220.

Susanto, B., H. Akrim, and N. C. Fardan. "Penggunaan Digital Marketing Untuk Memperluas Pasar Dan Meningkatkan Daya Saing UMKM." Community Empowerment 6, no. 1 (2020): 42-47.

Umami, Z., and G. S. Darma. "Digital Marketing: Engaging Consumers With Smart Digital Marketing Content." Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 23, no. 2 (2021): 94-103.

Warmayana, I. G. A. K. "Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0." Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama dan Budaya 3, no. 2 (2018): 81-92.

Wati, Andy Prasetyo, Jefry Aulia Martha, and Aniek Indrawati. Digital Marketing. Malang: Edulitera, 2020.

Xaverius, F., P. Wibowo, E. Hernawan, and A. S. Simbolon. "Pelatihan kewirausahaan dan digital marketing bagi pemuda dan pemudi di era pandemi Covid 19 Kelurahan Kotabumi Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang." Abdi Dharma 2, no. 1 (2022): 5-10.

Downloads

Published

2024-11-05

How to Cite

Asri, E. V., Aimar, S. P., Rahmadani, F. N., Meylan, W. C., Sari, D. Y., & Rafita, F. (2024). PENINGKATAN KAPABILITAS DIGITAL UMKM MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING, BRANDING, DAN PEMBUATAN AKUN MEDIA SOSIAL BISNIS DI DESA PULAU PAYUNG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(11), 4919–4926. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3539