PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SD KATOLIK YASWARI LETEMNEO KECAMATAN FAUTMOLO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
Keywords:
Kecerdasan Intrapersonal, Partisipasi Aktif, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan partisipasi aktif siswa terhadap prestasi belajar ipa kelas V SD Katolik Yaswari Letemneo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 9 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh bila seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket untuk memperoleh data kecerdasan intrapersonal dan partisipasi atif dan metode dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar siswa kelas V. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik analisis data regresi linear sederhana dengan memperoleh nilai signifikansi fhitung 198,42 > ftabel 5,59. Sedangkan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 yang di mana lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ha di terima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antar kecerdasan intarpersonal dan partisipasi aktif siswa terhadap prestasi belajar ipa kelas V SD Katolik Yaswari Letemeneo.
Downloads
References
Armstrong, 2002. Seven kinds of smart. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
, Setiap anak cerdas. Jakarta Gramedia Pustaka utama
, Kecerdasan multiple Di Dalam Kelas. Jakarta Gramedia Pustaka Utama
Efendi, Fitri Mares. Skripsi 2015.Hubungan antara Kecerdasan Intrapersonal dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV gugus 1 Kecamatan Sradakan Kabupeat Bantul Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universita Negeri Yogyakarta.
Gardner. Hordwar 2013. Kecerdasan Majemuk. Interaksara
Jasmine Julia. 2007. Mengajar berbasis Multiple inteligence. Bandung
(2007). Muhid, Md Abdul; Professor, Department of Philosophy, University of Dhaka. University Journal of Zoology, Rajshahi University, 26, 27-29.
Krobo, Andrianus. 2014. Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal anak Usia Dini. Diakses . 29 April 2021.
Ketut Sudarman dan Eva M Sakdiyah, 2007. “Pengaruh Motivasi Disiplin dan Partisipasi Dalam Pemelajaran Terhadap Pretasi Belajar Akuntansi. Jurnal Penddikan Ekonomi Volume 2. Nomor 2. Diakses tanggal 18 Oktober 2013.
Munif Chatib dan Alamsyah Said. 2012. Sekolah anak-anak juara Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung. Kaifa PT Mizan Pustaka.
Muhit, Md Abdul (2007) ; Professor, Department of Philosophy, University of Dhaka. University Journal of Zoology, Rajshahi University, 26, 27-29.
Muhibbin, 2006. Psikologi Belajar. Jakarta. Raja Grasindo Persada.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 6 Tahun 2013, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 201. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan , 4 (1 ), 85-105.
Purnama, R. (2020). Banjar Menuju Kota Agropolitan . JIPE: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(1), 22-31.
Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Progdi PGSD FKIP UMS
Rusdhie dan Nurlaela Isnawati. 2009. Tips Membuat Anak Anda Menjadi Murid Berprestasi. Jogjakarta:
Sagala,Syaiful. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Syarifah S.(2019). Konsep kecerdasan majemuk howard gardner. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176-197.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marni Liunokas, Angelikus Nama Koten, Netty E.A. Nawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.