PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BERBAGAI KELOMPOK SOSIAL DI KELAS IV UPTD SD INPRES OEPURA 1

Authors

  • Lidia O.Y Bien Universitas Nusa cendana
  • Silvester P. Taneo Universitas Nusa Cendana
  • Yosephina Katharina Sogen Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Problem Based Learning Model, Information and Communication Technology, Social Groups.

Abstract

Rumusan masalah dari penelitian adalah bagaimana penggunaan model problem based learning melalui media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran berbagai kelompok sosialdi kelas IV UPTD SD Inpres Oepura 1?. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar penggunaan model problem based learning melalui media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran berbagai kelompok sosia di kelas IV UPTD SD Inpres Oepura 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini deskriptif kulitatif dengan mencari ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui lembar observasi dan tes dengan subjek penelitian yang berjumalah 24 orang terdiri dari  13 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Inpres Oepura 1 dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 24 peserta didik yang tuntas 9 orang (37,5%) tuntas karena memahami materi yang disampaikan, dan mengerjakan soal tes yang diberikan dengan benar. Sedangakn yang tidak tuntas 15 orang (62,5%) tidak tuntas karena tidak meperhatikan penjelasan guru sehingga tidak mampu mengerjakan soal tes yang diberikan.Kelebihan dan kekurangan guru adalah guru menyampaikan materi dengan jelas, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang di sampaikan dan guru tidak membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi. Kelebihan dan kekurangan peserta didik adalah peserta didik memperhatikan penjelajasan guru tentanga materi tersebut dan peserta didik tidak mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 24 peserta didik yang tunta 23 orang (95,83%) tuntas kerena aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dengan kelompok, memahami materi yang disampaikan dan mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Berdasarkan hasil  penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model pembelajaran  problem Based Learning Melalui Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Berbagai Kelompok Sosial Di Kelas IV UPTD SD Inpres Oepura 1, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Linda. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Laporan Tahunan. Jurnal Dinamika Akuntansi Vol. 4, No. 1, Maret 2012, pp. 55-63.

Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Aqib Zainal. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. CV. YRAMA WIDYA.

Husain, Chaidar. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2.

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Santoso, M. (2015). Korelasi Penggunaan Media, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar.

Seibert, S. A. (2020). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–

Septantiningtyas Niken, dkk. 2020. PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit Lakeisha.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Utami. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik pada Materi Koloid di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Journal of Natural Science and Integration. 2(1) : 54-75

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348.

Wijayanti, Inggit Dyaning .2011. Peningkatan Pendidikan Berbasis ICT. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta

Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,6(1). https://doi.org/10.21831/jpai. v6i1.1793

Wulandari, Eni dkk. (2012). Penerpan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal: FKIP-Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Bien, L. O., Taneo, S. P., & Sogen, Y. K. (2024). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BERBAGAI KELOMPOK SOSIAL DI KELAS IV UPTD SD INPRES OEPURA 1. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(10), 4791–4800. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3487