PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TENTANG BAGAIMANA KITA HIDUP DAN BERTUMBUH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V UPTD SD INPRES OEPURA 1 KOTA KUPANG

Authors

  • Alfe N Boiyani Universitas Nusa cendana
  • Silvester P. Taneo Universitas Nusa Cendana
  • Martha Kristin Kota Universitas Nusa Cendana

Keywords:

problem based learning model audio visual alive and growing learning out comes.

Abstract

Pembelajaran di kelas V SD Inpres Oepura 1 sudah berlajan dengan baik namun masih ada kekurangan di mana pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model model problem based learning berbantuan media audio visual dalam pembelajaran tentang bagaimana kita hidup dan bertumbuh untuk mengingkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Oepura 1 kota Kupang?. Dengan tujuna untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bagaimana kita hidup dan bertumbuh menggunakan model problem based learning berbantuan media audio visul di kelas V SD Inpres Oepura 1.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan tes, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni mencari ketuntasan hasil belajar siswa melalui lembar observasi dan tes dengan subjek penelitian yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 6 perempuan.  Penelitian ini diadakan di UPTD SD Inpres Oepura 1 dengan hasil penelitian menunjulan bahwa pada siklus I dari 17 siswa yang tuntas 5 orang (29,41%) tuntas karena aktif dalam proses pembelajaran, memahami materi yang disampaikan, bekerja sama dalam kelompok dan mengerjakan soal evaluasi yang diberikan dengan benar. Selanjutnya yang tidak tuntas 12 orang (70,41%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru bermain dan bercerita saat pembelajaran berlangsung kurang aktif dalam diskusi kelompok dan tidak mampu mengerjakan hasil tes yang diberikan. Selajutnya pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 17 siswa yang tuntas 16 siswa (82,94%) tuntas karena aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dalam kelompok, memahami materi yang disampaikan dan mampu mengerjakan hasil tes dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media audio visual pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V UPTD SD Inpres Oepura 1kota Kupang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sulistyosari, Y., Karwur, H., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Unnes Harmony, 68-69.

Hmelo –Silver, C. E. & Eberbach, C. 2012. Teori Pembelajaran Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam S, Bridges, C Mcgrath, & Whitehill.

Rumus. 2012. Model –Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Jhon, & Dewi. (2021). Pengertian Hasil Belajar. Retrieved From Silabus. Web.id: http://www. Silabus. Web. Id/Penertian Hasil Belajar

Kokom Komalasari, Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Ap;ikasi (Bandung: Refika Aditama, 2013), halm 59.

Kamdi, 2005, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Asyar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Boiyani, A. N., Taneo, S. P., & Kota, M. K. (2024). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TENTANG BAGAIMANA KITA HIDUP DAN BERTUMBUH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V UPTD SD INPRES OEPURA 1 KOTA KUPANG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(10), 4772–4781. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3485