PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI KELAS II SD NEGERI FONTEIN 1

Authors

  • Wirda Hestina Asrudin Universitas Nusa Cendana
  • Marselus Robot Universitas Nusa Cendana
  • Markus Sampe Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i10.3463

Keywords:

Media Pembelajaran Gambar Berseri, Kemampuan Membaca

Abstract

Rumusan masalah Apakah penerapan media pembelajaran gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca di kelas II SD Negeri Fontein 1 kota Kupang. Tujuan untuk penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas II SD Negeri Fontein 1. Di setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Fontein 1 kota Kupang. Ada lima aspek yang dinilai dalam meningkatkan kemampuan membaca yaitu: 1) Kreativitas, 2) Ketelitian, 3) Pemahaman Konsep, 4) Intonasi, 5)Kelancaran. Dinilai juga Aktivitas guru dan Aktivitas Siswa. Hasil penelitian penggunaan media pembelajaran gambar berseri siswa pada pra siklus terlihat bahwa dari 19 orang siswa, hanya 3 orang siswa yang tuntas dengan persentase 16%, sehingga peneliti melanjutkan penelitian ke siklus I. Pada siklus I persentase Aktivitas Guru berada pada 68,3% dan persentase Aktivitas Siswa berada pada 61,17% lalu nilai rata-rata kemampuan membaca siswa pada siklus I adalah 66,10% dan secara individual dari 19 siswa hanya 8 siswa atau 42,10% yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).  Sedangkan pada siklus II persentase aktivitas guru dari 68,3% menjadi 96,6%,  persentase aktivitas siswa dari 61,17% menjadi 85,78% dan kemampuan membaca siswa pada siklus II berada pada kategori sudah mencapai ketuntasan, dengan nilai rata-rata 88,21% dan secara individual 16 siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase  Kemampuan membaca menggunakan media gambar berseri siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari siklus I dan siklus II yaitu dari 42,10% menjadi 88,21%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan membaca menggunakan pembelajaran gambar berseri siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar berseri di kelas II SD Negeri Fontein 1 Kota Kupang mengalami peningkatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullatief, Novita, Rusmin Husain, and Wiwy Triyanty Pulukadang. A.M.Sadiman.(2016).

Cholifah, Syafitri. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas Ii Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Di Mi Al Hikmah Jakarta Utara. Diss. Universitas 45 Bekasi, 2023 Cholifah, Syafitri. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas Ii Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Di Mi Al Hikmah Jakarta Utara. Diss. Universitas 45 Bekasi, 2023Arikunto,S.(2013).

Desi, Wulandari. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. Diss. Uin Raden Intan Lampung, 2021.

Febrianti, Lisa, and Innany Mukhlishina. "Penerapan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Dikte Dan Hasil Belajar Pada Keterampilan Menulis Siswa Kelas 1." Pendas: Jurnal ilmiah pendidikan dasar 7.2 (2022): 984-993.

Herawati, Sufi. "Pemanfaatan Media Pembelajaran Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas III." Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3.2 (2016): 35-44.

Mahardhani, Ardhana Januar, et al. "Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan." Buletin KKN Pendidikan 3.1 (2021): 11-22.

Miftah, M. 2013. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal Kwangsan 1(2):95. doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7.

Santika, Ayu, and Ahmad Sukri Nasution. "Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd." Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu 3.2 (2021): 83-96.

Wahyundari, Ni Wayan Sri, and Dewa Ayu Puteri Handayani. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Usia Dini Melalui

Media Gambar Berseri.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9(1):80. doi: 10.23887/paud.v9i2.36877.

Setyaningrum, Ita Dwi, Sri Lestari, and Suyanti Suyanti. "Penggunaan Media Cerita Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar." Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 4 (2023): 517- 524.

Widodo, Arif, Dyah Indraswati, and Agam Royana. "Analisis penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolsh dasar." Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman 11.1 (2020): 1-21.

Widodo, Arif, et al. "Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 6.1 (2020): 106-115.

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Asrudin, W. H., Robot, M., & Sampe, M. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI KELAS II SD NEGERI FONTEIN 1. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(10), 4626–4634. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i10.3463