PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS IV SD INPRES KUANINO 2

Authors

  • Marsen Kohetae Universitas Nusa Cendana
  • Markus Sampe Universitas Nusa Cendana
  • Karus M. Margareta Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i10.3453

Keywords:

Model Cooperative Integrated Reading Composition, Hasil Belajar Sekolah Dasar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan  model pembelajaran Cooperative Integretad Reading Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca cerpen?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk  meningkatkan kemampuan membaca cerpen kelas IV SD Inpres Kuanino 2 menggunakan model pembelajaran Cooperative Integretad Reading Composition (CIRC). Metode  yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dianalisis secara kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Kuanino 2. Hasil penelitian memunjukan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu : 76,35 dan meningkat pada siklus II yaitu : 83,93. Pada siklius I ketuntasan hasil belajar 68.18%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat mencapai 81,81%  atau hasil yang diperoleh melebihi indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi membaca cerpen menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Compisition pada pembelajaran di kelas IV SD Inpres Kuanino 2 mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi. (2018). Membaca Yuk, Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini. Bogor: Guepedia.

Oktaviana, E., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2019). upaya meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan metode picture and picture di Kelas IV SDN Kalisari 03 Jakarta Timur. Prosiding, Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu). Tangerang: UMT.

Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Tarigan, Herny Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Sugiarto.

Darmadi. (2018). Membaca Yuk, Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini. Bogor: Guepedia.

Magdalena, I. (2021). Desain Evaluasi Pembelajaran Sd. Cv Jejak, Anggota Ikapi.

Kusumawardani, S., Diyanti, R., & Santoso, G. (2020). Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition ( Circ ) Pada Siswa Kelas Vb Di Sdn Pondok Pinang 10. Jurnalseminar Nasional Penelitian Lppm Umj, 1(23), 140–151.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka. Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY Press. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hodgson dalam Targian. 2005. Panduan Membuat Karya Tulis, Bandung: Yrama Widya.

Sugiarto, Eko. 2014. Mahir Menulis Cerpen: Panduan bagi Pelajar. Yogyakarta: Suaka Media.

Downloads

Published

2024-10-03

How to Cite

Kohetae, M., Sampe, M., & Margareta, K. M. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS IV SD INPRES KUANINO 2. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(10), 4593–4600. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i10.3453