ETIKA GURU DALAM MENGAJAR SEBAGAI PERWUJUDAN KARAKTER BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH

Authors

  • Rr Siti Alisa Nur Zubaidah SDN Kesatrian 1 Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i4.343

Keywords:

Guru, Etika, Budi Pekerti, Proses Pendidikan

Abstract

Guru merupakan seorang pendidik yang memiliki kedudukan terhormat dan mulia. Guru sebagai pengajar berperan penting terhadap tumbuh kembang karakter anak didiknya di sekolah. Dalam hal pengajaran di sekolah, guru harus menjadi figur teladan bagi para murid dalam berattitude baik selama proses pembelajaran. Namun dewasa ni tidak sedikit guru yang melakukan penyimpangan perilaku seperti bullying terhadap murid dan rekan sejawat dalam praktik pendidikan. Hal tersebut menjadi bahan imitasi para murid yang berdampak pada rendahnya etika guru dalam mengajar, telah menyentangkan pemangku pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan kembali tatanan karakter budi pekerti dalam diri siswa melalui etika guru dalam mengajar di sekolah. Pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini dari bangku sekolah dasar. Di sekolah dasar adalah tempat utama dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter budi pekerti dalam diri murid yang dapat dilakukan melalui pembelajaran etika dari seorang guru yang berpijak pada empat pilar, dimaknai secara holistik yang digariskan oleh UNESCO, yakni learning to know, learning to do, learning to be, and learning to live together. Dalam proses pendidikan, dapat diyakini suatu proses penanaman budi pekerti dapat diwujudkan melalui suri tauladan guru dalam mengajar dengan berlandarkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam mengembangkan potensi manusia seutuhnya dengan mengedepankan nilai budi pekerti yang meliputi pengajaran pengetahuan (cipta), afektif (karsa) sehingga menghasilkan suatu keterampilan (karya).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksara, B. d. (2013). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL, ETOS KERJA DAN ETIKA MORAL TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU SMK DI KOTA DENPASAR. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Haryanto, H. C., & Rahmania, T. (2020). Nilai-nilai yang penting terkait dengan etika. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.24854/jpu54

Ikhsanuddin, M., & Amrulloh, A. (2019). Etika Guru dan Murid Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dan Undang-Undang Guru dan Dosen. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 331–355. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/2005/1072%0Ahttp://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/2005

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

I Made Sugiarta, d. (Vol 2 No 3 Tahun 2019 ). FILSAFAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA (TOKOH TIMUR). Jurnal Filsafat Indonesia.

Jufni, M., Saputra, S., & Azwir. (2020). Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 8(4), 575.

Made Sugiarta, I., Bagus Putu Mardana, I., Adiarta, A., Wayan Artanayasa, I., Jasmani, P., & dan Rekreasi, K. (2019). FILSAFAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA (TOKOH TIMUR). Jurnal Filsafat Indonesia, 2.

Mukhlishah, A. (2021). ETIKA GURU DAN MURID MENURUT IMAM SYARIFUDDIN ANNAWAWI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM. Jurnal Pendidikan Islam, 4.

Muhamad I. Suhifuatullah, Mastur Thoyib (Universitas Islam Syekh Yusuf ), dan J. A. D. (Universitas P. I. (2020). K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Kepemimpinan Etis Guru Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Management Pendidikan, 7, 14–24.

Muhyidin, I. (2007). Syarah Hadits Arba'in. Solo: Pustaka Arofah.

Muhamad I. Suhifuatullah, Mastur Thoyib (Universitas Islam Syekh Yusuf ), dan J. A. D. (Universitas P. I. (2020). K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Kepemimpinan Etis Guru Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Management Pendidikan, 7, 14–24.

Muhson, A. (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Haryanto, H. C., & Rahmania, T. (2020). Nilai-nilai yang penting terkait dengan etika. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.24854/jpu54

Ikhsanuddin, M., & Amrulloh, A. (2019). Etika Guru dan Murid Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dan Undang-Undang Guru dan Dosen. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 331–355. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/2005/1072%0Ahttp://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/2005

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Jufni, M., Saputra, S., & Azwir. (2020). Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 8(4), 575.

Made Sugiarta, I., Bagus Putu Mardana, I., Adiarta, A., Wayan Artanayasa, I., Jasmani, P., & dan Rekreasi, K. (2019). FILSAFAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA (TOKOH TIMUR). Jurnal Filsafat Indonesia, 2.

Muhamad I. Suhifuatullah, Mastur Thoyib (Universitas Islam Syekh Yusuf ), dan J. A. D. (Universitas P. I. (2020). K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Kepemimpinan Etis Guru Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Management Pendidikan, 7, 14–24.

Muhson, A. (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100– 109.

Pristine A., D., & Suryani, E. (2016). Implementasi Pembentukan Karakter Budi Pekerti Di Smp Negeri 1 Tanggul Jember. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 82–89. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8614

Ruslan. (n.d.). ETIKA GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. http://ejournal.stain.sorong.ac.id/indeks.php/al-riwayah

Setiyaningsih, D., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). PERAN ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA CALON GURU SD.

Sudarsono. (2005). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Persegi Panjang. NASPA Journal, 42(4), 1.

Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Zubaidah, R. S. A. N. (2022). ETIKA GURU DALAM MENGAJAR SEBAGAI PERWUJUDAN KARAKTER BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(4), 1125–1138. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i4.343