PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SMPN 55 MAKASSAR

Authors

  • Sri Debi LastI Latif Universitas Patompo Makassar
  • Husain As Universitas Patompo Makassar
  • Rego Devilla Universitas Patompo Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i10.3412

Keywords:

Motivasi Berprestasi, Ekstrakurikuler, Jiwa Kewirausahaan

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan motivasi yang berhubungan dengan pencapaian beberapa standar kepandaian atau standar keahlian dan ekstrakurikuler kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum. Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi berprestasiterhadap jiwa kewirausahaan bagi siswa (2). Seberapa besar pengaruh ekstrakurikuler terhadap jiwa kewirausahaan bagi siswa (3). Pengaruh motivasi berprestasi dan ekstrakurikuler terhadap jiwakewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komperatif. Metode penelitian ini adalah kuantitatif  dengan desain penelitian pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dari kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan simple random sampling . Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang telah valid. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan disimpulkan bahwa: 1) Motivasi erprestasi berpengaruh positif terhadap jiwa kewirausahaan bagi siswa. 2) Ada pengaruh signifikan kegiatan ekstrakurikuler secara parsial terhadap minat berwirausaha siswa 3) Secara bersama – sama ada pengaruh signifikan kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi berprestasi terhadap jiwa kewirausahaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi berprestasi maka semakin tinggi pula jiwa kewirausahaan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, S., & Susilo, H. (2016). Implementasi Ekstrakurikuler Sc (Student Company) Dalam Membentuk Jiwa Wirausaha Peserta Didik Di Smkn 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–10.

Alma, B. 2010. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Anwar, Muhammad. H. M., Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi, Jakarta: KENCANA, 2017.

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Basrowi. 2016. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi: Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Darwanto. 2012. Peran Entrepreneurship Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Riset Terapan Bidang Manajemen dan Bisnis Tingkat Nasional, 11-24.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Perguruan Tinggi, Kementrian dan Kebudayaan, Kewirausahaan: Modul Pembelajaran,Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Fathullah, J. (2022). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Syariah Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta [Universitas Islam Indonesia Yogyakarta].

Hartanti, Manajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMK 4 Yogyakarta, Tesis, (Yogyakarta: 2008).

Herison, R., Sahabuddin, R., Azis, M., & Azis, F. (2022). The Effect of Working Capital Turnover, Accounts Receivable Turnover and Inventory Turnover on Profitability Levels on the Indonesia Stock Exchange 2015-2019. Psychology and Education, 59(1), 385-396.

H. Maslow, 2004, Sumber Daya Manusia, edisi revisi, cetakan kesebelas, Bumi Aksara, Jakarta.

Idri. (2015). Hadis Ekonomi. Jakarta: Pranadamedia Group.

Ifadah, Z. L. (2018). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Kemandirian dan Kedisiplinan Siswa Mi Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Indarti, Nurul dan Rokhima Rostiani. (2008). “Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang dan Norwegia”. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia, Vol. 23, No. 4, Oktober 2008. Manuscript hal. 1-27

Jailani, M., & Rusdarti, K. S. (2017). Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Journal Of Economic Education, 6(1), 52–59.

Maharani, A., Widarko, A., & Khalikussabir. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berprestasi, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. E – Jurnal Riset Manajemen, 9(12), 7823–7830.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2013). Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum- Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Kemendikbud

McClelland, David C. The Achieving Society. New. York A Division of MacMillan Publishing Co., Inc.1961.

Meridith, Geof ey G. (2000). Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

New Strom, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta

PERMENDIKBUD, Implementasi Kurikulum Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler, Nomor 81A, Tahun 2013.

Rahmania, M., & Efendi, Z. M. (2016). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Pemasaran Smk Negeri Bisnis Dan Manajemen Kota Padang. Economica, 4(1), 75–86.

Ramadani, e. (2019). faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha. Jurnal.

Risnawati. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angakatan 2013 Universitas Muhammadiyah Makassar Di Provinsi Sulawesi Selatan [Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar].

Su’adiyah, R. L. Q. (2020). Manajemen Kurikulum Ekstrakurikuler Kewirausahaan Dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur Peserta Didik Di Sma Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Suharti, L & Sirine, H. (2011). “Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan (Studi terhadapMahasiswa Universitas Kristen SatyaWacana Salatiga)”. Jurnal Manajemendan Kewirausahaan, vol.13, no. 2, september 2011: 124-134

Sukmah, Rahman, N., & Saripuddin. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Proyek Kepramukaan Untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Dalampembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Ilmiah Pena, 15(02), 22–27.

Supriyanto. (2011). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Percaya Diri Dan Literasi Ekonomi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smpn Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(2), 173–192.

Santoso.1993. Kompetisi dan Kepercayaan Diri Remaja. Yogyakarta: Liberty.

Sahabuddin, R. (2018). Effect of entrepreneurship commitment to self-efficacy through intention of entrepreneurship and competence. International Journal of Business and Management Science, 8(1), 67-81.

Sahabuddin, R. (2019). Pengaruh Role Overload Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Mamuju Tengah (Studi Kasus Seleksi Berkas CPNS Kabupaten Mamuju Tengah Tahun 2014). Economix, 4(1).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Latif, S. D. L., As, H., & Devilla, R. (2024). PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SMPN 55 MAKASSAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(10), 4635–4653. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i10.3412