PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MAGNET LISTRIK DAN TEKNOLOGI KEHIDUPAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD INPRES PALSATU KOTA KUPANG

Authors

  • Meri K. nenohai Universitas Nusa Cendana
  • Taty R. Koroh Universitas Nusa Cendana
  • Adam B.N. Benu Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3395

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Skripsi Meri Katarina Nenohai.2001140034.PGSD.2024.Peningkatan hasil belajar siswa tentang magnet listrik dan teknologi untuk kehidupan melalui model problem based learning di kelas V SD Inpres Palsatu Kota Kupang. Rumusan masalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah mengunakan model pembelajaran Problem based learning pada materi magnet listrik dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari di kelas V SD Inpres palsatu.Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V pada materi magnet listrik dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari di SD Inpres Palsatu mengunakan model pembelajaran Problem based learning.Metode yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus,setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan,pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yaitu observasi,tes,dan dokumentasi.Teknik analisis data yaitu dianalisis secara kuantitatif.Penelitian ini di laksanakan di UPTD SD Inpres Palsatu Kota Kupang.Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas pada sikli I yaitu :59,52% dan meningkat pada siklus II yaitu:84,76% pada siklus I ketuntasan hasil belajar 33% dan ketidak tuntasan  66,67% sedangkan pada siklis II ketuntasan hasil belajar meningkat mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat di simpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi magnet listrik dan teknologi kehidupan dengan mengunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran di kelas V SD Inpres Palsatu mengalami peningkatan .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bavoso, N. C., Pinto, J. M., Soares, M. M. S., Diniz, M. D. S., & Teixeira, A. L. (2019).Psoriasis in obesity: comparison of serum levels of leptin and adiponectin in obese subjects-cases and controls. Anais brasileiros de dermatologia, 94, 192-197.

Falowo, S. K., & Ventura, N. (2011, September). Connection admission control (CAC) for QoS differentiation in PMP IEEE 802.16 networks. In IEEE Africon'11 (pp. 1-6). IEEE.

Fitria, A. A., Febrina, D., Sesmiarni, Z., & Rasyid, H. (2023). Minat Belajar Peserta didik ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based Learning. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(1), 125-139.

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi nilai dan moral dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter melalui pembelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169-5178.

Khasanah, M. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis Saintifik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Di SMAN 1 Gurah Kabupaten Kediri Tahun 2015 (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Kurnia, S. A. P., & Yuhdi, A. (2022). Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Film Sejuta Sayang Untuknya Sutradara Herwin Novianto dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(2), 206-213.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1-10.

Mahmudi, H. (2022). Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan. Deepublish.

Mujiono, I. (2020). Persepsi guru tentang konsep merdeka belajar Mendikbud Nadiem Makarim dalam pendidikan agama Islam di MTS Negeri 3 Sleman.

Nariman, N., & Chrispeels, J. (2016). PBL in the era of reform standards: Challenges and benefits perceived by teachers in one elementary school. Interdisciplinary journal of problem-based learning, 10(1).

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

nenohai, M. K., Koroh, T. R., & Benu, A. B. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MAGNET LISTRIK DAN TEKNOLOGI KEHIDUPAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD INPRES PALSATU KOTA KUPANG . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(9), 4385–4393. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3395