ANALISIS BAHASA DAN BUDAYA DALAM KOMUNITAS GAMER DI WARKOP GIRAS GAMING KOTA MOJOKERTO

Authors

  • Firdaus Ghifari P Universitas Islam Majapahit
  • Moch. Ichdah A. H. Lailin Universitas Islam Majapahit
  • Masnia Ningsih Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Etnografi komunikasi, komunitas, warkop giras gaming

Abstract

Game online adalah permainan yang dimainkan di dalam jaringan, yang terdiri dari internet dan jaringan lokal, juga dikenal sebagai LAN. Perkembangan game online sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan komputer. Dengan meningkatnya popularitas game online, jaringan komputer telah berkembang dengan cepat dari yang awalnya sangat kecil menjadi internet yang terus berkembang hingga hari ini. Bagi remaja, bermain game memiliki efek positif, antara lain dapat menawarkan sarana untuk belajar; bermain game juga membuat pemain menjadi pandai berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris; menumbuhkan semangat dan pantang menyerah. Kemunculan E-Sport memulai perkembangan industri untuk kompetisi permainan video yang terhubung ke perangkat komputer atau smartphone. E-Sport terus berkembang dan menjadi fenomena yang populer di seluruh dunia, terutama di kalangan generasi milenial. Fokus penelitian ini adalah etnografi komunikasi dalam komunitas pemain game di Warkop Giras Gaming, yang terletak di Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kulatitatif deskriptif dengan teori etnografi komunikasi Dell Hymes untuk mengamati secara langsung kehidupan sehari-hari komunitas pemain game dan melakukan wawancara dengan anggota komunitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks game online Warkop Giras Gaming, penggunaan bahasa informal di mendominasi komunikasi di komunitas gamer. Selain itu, ditemukan bahwa hierarki yang didasarkan pada keterampilan bermain game memengaruhi interaksi sosial di warkop ini, dengan pemain yang lebih terampil cenderung memiliki status sosial yang lebih tinggi. Komunikasi non-verbal, seperti ekspresi wajah dan gesture, sangat penting dalam interaksi antar gamer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri Arif Kustiawan, S.Pd., M. O. (2019). JANGAN SUKA GAME ONLINE: PENGARUH GAME ONLINE DAN TINDAKAN PENCEGAHAN.

Anshori, D. S. (2017). ETNOGRAFI KOMUNIKASI: PERSPEKTIF BAHASA.

Aris. (2022). Mengenal Faktor Pembentuk Kelompok Sosial dan Bentuk Kelompok Sosial. Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/faktor-pembentuk-kelompok-sosial/

Chairunisa. (2022). Mengenal Game Online: Pengertian, Industri, Sejarah hingga Jenisnya. https://dailysocial.id/post/mengenal-game-online-pengertian-industri-sejarah-hingga-jenisnya

Kumparan. (2023). Pengertian Komunitas Menurut Ahli, Unsur-unsur, dan Faktor Pembentuknya.

Prof. Dr. Deddy Mulyana, M.A., P. D. (2014). ILMU KOMUNIKASI suatu pengantar. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sirajuddin Saleh, S.P.d, M. P. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF (H. Upu (ed.)).

Suardi, S.Pd., M. P. (2018). SOSIOLOGI KOMUNITAS MENYIMPANG.

Sugiyono, P. D. (2012). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.

Trisna Rukhmana, S.Pd., M. P. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kualitatif/uaZ-EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

P, F. G., Lailin, M. I. A. H., & Ningsih, M. (2024). ANALISIS BAHASA DAN BUDAYA DALAM KOMUNITAS GAMER DI WARKOP GIRAS GAMING KOTA MOJOKERTO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(8), 4157–4166. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3316