ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN HIPOTIROID DENGAN MASALAH DEFISIT PENGETAHUAN DAN RISIKO SYOK ANAFILAKTIK TERKAIT VAKSINASI MENINGITIS DI BALAI KEKARANTINAAN KESEHATAN KELAS I KOTA BANDUNG

Authors

  • Marshanda Syaharani Putri Universitas Padjadjaran
  • Efri Widianti Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i8.3296

Keywords:

Vaksin Meningitis, pendidikan kesehatan, Risiko Syok Anafilaktik

Abstract

Pendahuluan: Banyak dari calon jemaah haji dan umroh tidak mengetahui dan mengabaikan pentingnya dan manfaat vaksinasi dan lebih fokus pada mendapatkan Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV) sebagai syarat untuk mendapatkan visa akibatnya, seringkali calon jemaah terlambat dalam melakukan vaksinasi meningitis. Selain itu risiko syok anafilaktik adalah reaksi alergi berat yang berpotensi mengancam nyawa, sehingga penting untuk memitigasi risiko ini dengan edukasi dan penanganan yang tepat. Tujuan: mengidentifikasi dan menganalisis asuhan keperawatan yang diberikan kepada klien dengan fokus pada manajemen defisit pengetahuan tentang vaksinasi meningitis, serta pencegahan dan penanganan risiko syok anafilaktik. Metode: Metode  yang  digunakan  pada  studi ini     adalah     case     report untuk menjelaskan pelaksanaan intervensi edukasi kesehatan dan pencegahan syok anafilaktik pada pasien dengan permasalahan defisit pengetahuan dan risiko syok anafilaktik terkait vaksin meningitis. Intervensi pendidikan kesehatan dan pencegahan syok diberikan 1 kali masing-masing selama 7 dan 15 menit. Hasil: Terjadi peningkatan pengetahuan pada klien setelah dilakukan edukasi dengan hasil evaluasi klien dapat menjawab 5 pertanyaan yang diajukan.  Selain itu, status tanda-tanda vital klien dalam kondisi yang normal dan tidak ada ditemukan gejala berat seperti kemerahan merata edema, urtikaria, sembab pada kelopak mata, sesak, nafas berbunyi, jantung berdebar kencang, tekanan darah menurun, dan tingkat kesadaran menurun. Kesimpulan: Setelah dilakukan edukasi terdapat peningkatan pengetahuan pada pasien terkait vaksinasi meningitis dan tidak ditemukan adanya gejala syok anafilaktik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, S. B. (2010). Vaksinasi Cara Ampuh Cegah Penyakit Infeksi. Yogyakarta: Kanisisus.

Fitriani, F., & Riniasih, W. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pada Lansia Tentang Vaksin Covid-19 Terhadap Motivasi Lansia Mengikuti Vaksinasi Covid-19 Di Dusun Ngablak Desa Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. THE SHINE CAHAYA DUNIA D-III KEPERAWATAN, 6(2).

Food & Nutrition Action in Health Systems (AHS). (2024). Guideline on haemoglobin cutoffs to define anaemia in individuals and populations. https://www.who.int/publications/i/item/9789240088542

Hadianti, D. N., Mulyati, E., Ratnaningsih, E., Sofiati, F., Saputro, H., Sumastri, H., ... & Ratnasari, Y. (2015). Buku ajar imunisasi.

GASTAT: Total number of pilgrims for Hajj Season 1444 AH reached 1,845,045 male and female pilgrims. (n.d.). SaudiPressAgency. https://www.spa.gov.sa/w1928489

Milkhatun, M. (2020). Hubungan Pengetahuan Vaksinasi Meningitis dan Dukungan Keluarga terhadap Kepatuhan Vaksinasi Meningitis Jamaah Umrah di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Samarinda. Borneo Studies and Research, 1(3), 1625-1640.

Mukhoirotin, M., & Effendi, D. T. W. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Motivasi Melakukan Vaksinasi Hpv Di Man 1 Jombang. Journal of Holistic Nursing Science, 5(1), 14-24.

Myers, T. R., McNeil, M. M., Ng, C. S., Li, R., Marquez, P. L., Moro, P. L., ... & Cano, M. V. (2020). Adverse events following quadrivalent meningococcal diphtheria toxoid conjugate vaccine (Menactra®) reported to the Vaccine Adverse Event Reporting System (VAERS), 2005–2016. Vaccine, 38(40), 6291-6298.

Sari, A. I. (2023). Manajemen Reaksi Anafilaksis. Syntax Idea, 5(10), 1476-1490.

Setiawati, S. & Darmawan, A.C. (2008). Proses Pembelajaran dalam Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.

Syariah, N. (2022). Prevalence of Adverse Events Following Imunization (AEFI) Incidence of Sinovac Vaccination at Clinic Unismuh Medical Centre. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Keseharan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Trihastuti, E. (2013). Hubungan Antara Status Tiroid Dengan Status Gula Darah Dan Status Anemia Pada Wanita Usia Subur (Wus) Di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yang, Y., Hou, Y., Wang, H., Gao, X., Wang, X., Li, J., ... & Shan, Z. (2020). Maternal thyroid dysfunction and gestational anemia risk: meta-analysis and new data. Frontiers in endocrinology, 11, 201.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Putri, M. S., & Widianti, E. (2024). ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN HIPOTIROID DENGAN MASALAH DEFISIT PENGETAHUAN DAN RISIKO SYOK ANAFILAKTIK TERKAIT VAKSINASI MENINGITIS DI BALAI KEKARANTINAAN KESEHATAN KELAS I KOTA BANDUNG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(8), 4066–4076. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i8.3296