PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH PADA PT. MAYORA INDAH, TBK TAHUN 2012-2021

Authors

  • Emarotus Sholeha Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Desi Nurpadilah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Lailatul Khasanah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Fatikhil Laili Nahar Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Penjualan, Laba Bersih, Laporan Keuangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penjualan terhadap laba bersih PT. Mayora Indah Tbk. variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (independent variabel) dan variabel terikat (dependent variabel). Variabel bebas (independent variabel) adalah penjualan (X) sedangkan variabel terikat (dependent variabel) adalah laba bersih (Y). Dalam penelitian ini digunakan laporan laba rugi tahun 2012 - 2021 PT. Mayora Indah Tbk. Sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisa permasalahan yang telah dideskripsikan dan pembuktian hipotesis adalah analisa deskriptif dan analisa regresi linier sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penjualan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap laba bersih. Hasil ini dapat dilihat dari uji linier menunjukkan bahwa nilai (R-square) 0,528 hal ini menunjukkan bahwa penjualan mempunyai pengaruh 52,8% terhadap laba bersih sisanya 47,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Algifari. (2000). Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Solusi (Ed. 2, Cet). BPFE UGM.

Asep Mulyana. (2018). Pengaruh Penjualan dan Biaya Produksi Terhadap Laba Usaha Pada PT. Mayora Indah, Tbk. Tahun 2009-2015. Jurnal Indonesia Membangun, 17, N0. 2.

Dadang Suparman. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Penjualan Spare Part Motor di PT.SLM (Selamat Lestari Mandiri). Jurnal Ekonomedia, 07 No.2.

Gunawan, K., Darmawan, N. A. S., & Purnamawati, G. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

(BEI). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 03, No. 01.

Harahap, S. syahri. (2018). Analisi Kritis atas Laporan Keuangan (Cetakan ke).

Rajawali Pers.

Ira Nita Astriani. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Produk Busana Muslim di toko Busana Muslim Tik-Tok Boutique Karawang Barat).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (W. H. Adi Mulyana, Devri Barnadi (ed.); Ed. 12). Erlangga.

Mamduh M. Hanafi. (2004). Manajem Keuangan. PBFE.

Mulyadi, & Ema Sri Suharsi. (2018). Sistem Akuntansi Edisi 4 (Ed. 4, jil).

Salemba Empat.

Sukirno, S. (2012). Makro Ekonomi (3rd ed.). PT Raja Grafindo Persada. Winardi, J. (2002). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen (Ed. 1, cet).

PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Sholeha, E., Nurpadilah, D., Khasanah, L., & Nahar, F. L. (2022). PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH PADA PT. MAYORA INDAH, TBK TAHUN 2012-2021. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(4), 1085–1094. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/328