PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA AKUNTASI SYARIAH ANGKATAN 2020 UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Authors

  • Intan Muslikhah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Dini Eka Yuliani Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Rofika Nur Akroma Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Ayu Novitasary Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna memahami dampak mutu pelayanan kepada kepuasan customer. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu market place Shopee dengan sampel sebanyak 100 responden mahasiswa Akuntansi Syariah Angkatan 2020. Jenis penelitian dalam pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner dan situr resmi UIN SATU. Teknik pengujian yang dilakukan antara lain SLR (simple Liniear Regression), uji normalitas, uji t, serta koefisien korelasi. Hasil penelitian memperlihatkan jika mutu pelayanan berdampak baik signifikan kepada kepuasan customer. Semakin baik mutu pelayanan kepada konsumen, rating market place Shopee dapat meningkat. Hasil uji hipotesis memperlihatkan jika ada pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan customer mahasiswa akuntansi syariah angkatan 2020 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahari, A., & Sjaharuddin, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. Manajemen Dan Organisasi, 3, 18.

Ghazali, I. (n.d.). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. 81.

Kotler, & Philips. (2012). Manajemen Pemasaran Jasa.

M, J., & S, C. (2018). Impact of E-Service Quality and Customer Value on Customer Satisfaction in LocalBrand. https://doi.org/10.21512/bbr.v9i2.4650

Mediti, O. C. S. P. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Jurnal Ilmu Manajemen, 8, 1297. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/8841/pdf_1

Prasetyo, E. A., Djumali, & Hartono, S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan E-Commerce terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Shopee. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 18. https://ejournal.unsa.ac.id/index.php/smooting/article/view/743/504

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualias pelayanan terhadapa kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2, 314. https://scholar.google.com/scholar?lookup=0&q=kualitas+pelayanan+terhadap+kepuasan+pelanngan&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1667296327663&u=%23p%3D8O1ZsloAdGAJ

Setyo, purnomo edwin. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga teradap kepuasan konsumen best autoworks. Manajemen Dan Start Up Bisnis, 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). 11.

Wahyudi, T., Handayani, B., & Sarmo, S. (2019). Pengaruh Online Customer Riview dan Online Customer Rating terhadap kepercayaan konsumen remaja kota mataram pada pembelian produk fashion shopee online shop. JRM, 19, 2. http://jrm.unram.ac.i

Wati, W. T., Aprileny, I., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan the media hotel & towers jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manjemen, 17. https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JAM/article/view/330

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Muslikhah, I., Yuliani, D. E., Akroma, R. N., & Novitasary, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA AKUNTASI SYARIAH ANGKATAN 2020 UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(4), 1078–1084. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/327