FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMBELI MAKANAN DI RESTORAN NON MUSLIM DI KOTA LANGSA

Authors

  • Mursyidin Ar-Rahmany Iain Langsa Aceh
  • Tika Ayu Ramadhany Iain Langsa Aceh

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i4.322

Keywords:

Konsumen, Halal, Dan Restoran

Abstract

Saat ini masyarakat semakin sadar bahwa makanan yang dikonsumsi sehari-hari sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan mengetahui apakah makanan yang dikonsumsinya halal atau tidak. Untuk mendapatkan makanan yang terbaik, konsumen dihadapkan oleh pemilihaan pembelian makanan dari pedagang Restoran muslim ataupun non muslim. Kenyataannya, pada Restoran non muslim banyak didapati konsumen muslim, karena masyarakat muslim di langsa bukan mencari yang halal dan baik namun mereka mencari makanan yang lebih emak, lezat dan mikmat, sehingga mereka tidak peduli apakah halal atau haram

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Diana Candra, Rahasia Dibalik Makanan Haram, Cet-1, Malang: UIN-Malang Press, 2007.

Djakfar, Muhammad, Etika Bisnis Islam Tataran Teoritis Dan Praksis, Malang: UIN Malang, 2008.

Djaluli, Kaidah-Kaidah Fiqh, Edisi Pertama, Cet Ke-2, Jakarta: Kencana Pranda Group,

H, Eri Agustian, dan Sujanah, Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Walls Conello), Vol.1, No.2, Jurnal, STIE Kesatuan, Bogor, 2013.

Jamin, Khaerul Fadly, Analisis Sistem Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Restoran Seafood Di Kota Makassar (Studi Kasus Pada Warung Makan Ikan Segar Lele), Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makasar, 2014.

Juliandi, Budi, Fiqh Kontemporer, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2011.

Kartoredjo, H.S, Kamus Baru Kontemporer, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Khotler,Philip dan Lane Keller, Kevin, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Diterjemahkan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga, 2009.

Kuncoro, Mudrajad, Metode Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomoi, Edisi Ketiga, Yogyakarta: UPP AMP YPKN, 2001.

Kusumah, Ridwan Zia, Analis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Waroeng Taman Singosari Di Semarang, Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang, 2011.

Miru, Ahmad dan Yodo, Sutarman, Hukum Perlindungan Konsumen, Cet. Ke-6, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2010.

Miru, Ahmad dan Yodo, Sutarman, Hukum Perlindungan Konsumen, Cet. Ke-6, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2010.

Qardawi, Yusuf, Halal dan Haram Dalam Islam, Surabaya: PT. Bina Ilmu Surabaya, 2010.

Rofiqoh, Zuliana, Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Mie Instan Indofood (Studi Kasus Pada Mahaisswa Jurusan Muamalah Dan Akhwal As-Syakhsiyyah Semester VIII), Skripsi, IAIN Wali Songo , Semarang, 2012.

Setiadi, Nugroho J, Perilaku Konsumen, Jakarta :Fajar Interpratama Offset, 2003.

Wirawan, I.B. Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma, Jakarta: PT.Kharisma Putra Utama, 2012.

Yuniarti, Vina Sri, Perilaku Konsumen Teori Dan Praktik, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2015.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Ar-Rahmany, M., & Ramadhany, T. A. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMBELI MAKANAN DI RESTORAN NON MUSLIM DI KOTA LANGSA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(4), 1056–1068. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i4.322