PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI MIND RE-FRESH UNTUK MENGURANGI TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMK 6 MAKASSAR

Authors

  • Tri Susantri Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Teknik Relaksasi Mind Re-Fresh, Kejenuhan Belajar Siswa

Abstract

Penelitian Pengembangan ini di lakukan di SMK Negeri 6 Makassar. dengan subjek penelitian adalah subjek penelitian yang akan diteliti, dimana populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX.IPA 1 dan IX IPA.2 di SMK Neg 6 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa di kelas IX gambaran siswa yang mempunyai tingkat kejenuhan yang tinggi dalam belajar.Spesifikasi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kejenuhan siswa dalam belajar pada mata pelajaran kimia sebelum diberikan teknik relaksasi mind re-fresh khususnya pada mata pelajaran kimia di SMK Neg 6 Makassar.(2) Untuk mengetahui bagaimana gambaran siswa setelah diberikan teknik reksasi mind re-fresh untuk mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam belajar pada mata pelajaran kimia setelah diberikan di SMK Neg. 6 Makassar.(3) Untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan teknik relaksasi mind re-fresh untuk mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam belajar pada mata pelajaran kimia di SMK Negeri 6 Makassar. Pendakatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kiantitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental desaings, Desain eksperimen adalah One-group Pritest- postest desaign. Setelah diberikan latihan relaksasi mind re-fresh sebanyak 3 sesi tingkat kejenuhan siswa dalam belajar pada mata pelajaram kimia mengalami penurunan hal ini dapat dilihat dari tingkat kemampuan siswa dalam mengurangi tingkat kejanuhan siswa dalam belajar pada mata pelajaran kimia di sekolah dominan dalam kategori Rendah. Kejenuhan sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa teknik relaksasi mind re-fresh. Hasil dari pembahasan ialah (1) Setelah diberikan teknik relaksasi mind re-fresh menunjukkan bahwa tingkat kejenuhan siswa dalam belajar pada mata pelajaran kimia berada pada kategori rendah atau menurun (2) Menunjukkan perubahan yang sangat signifikan, itu berarti siswa mengalami perubahan tingkat kejenuhan sisawa dalam belajar pada mata pelajaran kimia di sekolah menjadi menurun dari kategori tinggi menjadi rendah. (3) Terdapat perubahan tingkat kejenuhan siswa dalam belajar pada mata pelajaran kimia pada subjek eksperimen karena telah diberikan perlakuan berupa tekninik relaksasi mind re-fresh, dapat dibedakan dengan pengkajian hipotesis yang menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kejenuhan siswa dalam belajar pada mata pelajaran kimia sebelum dan sesudah diberikan teknik relaksasi mind re-fresh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimanyu, S & Manrihu, 1996. Pedoman Penulisan Skripsi, Makassar : FIP

Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka cipta

Bensong, B. 1983. Dasar-Dasar Respon Relaksasi. di terjemahkan oleh Nur Hasan. Bandung: Kifa.

Buchori, Sahrir. 2008. Pengaruh Penggunaan Teknik Relaksasi Untuk Mengatasi Kecemasan Warga Binaan Permasyarakatan Di Lembaga Permasyarakatan Kelas 1. Makassar, Skripsi ( tidak diterbitkan). Jurursan Psikologi Pendidikan dan Bimbinganan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Chaplin, J.P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Diterjemahkan oleh Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cormier dan C. 1985. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Diterjemahkan oleh E. Koeswara. Bandung: Refika Aditama.

Djaali. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Program

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Susantri, T. (2022). PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI MIND RE-FRESH UNTUK MENGURANGI TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMK 6 MAKASSAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(4), 1043–1048. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/320