INTERVENSI KEPERAWATAN DALAM MELATIH TOILET TRAINING PADA ANAK : SEBUAH NARATIVE REVIEW

Authors

  • Wiwi Mardiah Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i4.318

Keywords:

Toilet Training

Abstract

Pendahuluan,permasalahan yang sering terjadi ketika anak tidak mau melakukan buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) menuju toilet adalah disebabkan karena pengetahuan ibu yang masih kurang tentang pelaksanaan toilet training. Toilet training tidak sama dengan membawa anak ke toilet, tetapi melatih anak mengontrol BAB atau BAK dan melakukannya sendiri sangatlah penting. Tujuan naratif review ini adalah untuk melatih kebiasaan anak dapat melakukan toilet training.Metode, pada proses pencarian artikel yang digunakan untuk mendapatkan artikel yang kemudian dijadikan Evidence Based Practice yaitu menggunakan Google Scholar dan PUBMED. Artikel dicari dengan kata kunci Bahasa inggris dan Indonesia. Kata kunci yang digunakan yaitu Anak, Tumbuh kembang, Hasil, setelah dilakukan pencarian didapatkan 15 artikel yang sesuai dengan karakteristik intervensi yang diberikan pada anak. Kemudian dianalisis Toilet training dapat dilakukan menggunakan  beberapa metode seperti, metode edukasi (ceramah) pada orang tua, menggunakan video edukasi,  metode demonstrasi atau modelling, buku cerita bergambar dan edukasi berkelompok. Metode metode tersebut efektif dalam meningkatkan kemandirian anak khususnya dalam hal toileting. Kesimpulan. toilet training dilakukan  pada anak usia toddler hingga pre-school. Metode metode tersebut efektif dalam meningkatkan kemandirian anak khususnya dalam hal toileting.  Toilet training perlu dilakukan oleh anak selama anak berada dalam periode optimal demi menghindari efek jangka panjang seperti inkontinensia dan infeksi saluran kemih (ISK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

AMALIYA, M. A., & Kustiningsih, K. (2016). Pengaruh Modeling Video Terhadap Perilaku Ibu Dalam Melatih Toilet Training Pada Anak Usia 1-3 Tahun Di Dusun Sanggrahan Condongcatur (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Andresni, H., Zahtamal, Z., Septiani, W., Mitra, M., & Lita, L. (2019). Efektivitas Edukasi Toilet Training terhadap Perilaku Ibu dan Kemampuan Toilet Training Anak Usia 18-36 Bulan. Jurnal Kesehatan Komunitas, 5(2), 49-55.

Devita, Y., & Sitorus, T. P. (2020). Pengaruh Terapi Modeling Partsisipan Terhadap kemandirian Anak Dalam Toilet Training. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 11(1), 78-87. Ekayani, L. P. K., Kusumaningsih, F. S., & Astini, P. S. (2015). Efektivitas Penyuluhan Dengan Audio Visual Terhadap Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Umur 2-3 Tahun. Banjar: FK Udayana.

Ernawati, N., & Permata, K. (2019). Effectiveness of Toileting Training Mediated With Animated Videos Against To Independence Level of Toileting on Pre-School Children. Journal Of Nursing Practice, 3(1), 102-108.

Hayati, D. J., & Suparno, S. (2020). Efektivitas Buku Cerita Bergambar pada Keberhasilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1041-1050.

Hidayat, Aziz Alimul. 2012. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika. Kartika, U. (2016). Efektivitas Teknik Oral dan Teknik Modelling terhadap Keberhasilan Toilet Training pada Toddler. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(1), 1-6.

Khorasani, P., Tangestani, A., & Maroufi, M. (2022). Effect of Toddlers’ Daily Toilet Training Program Based on Developmentally Appropriate Practice Approach on Toilet Training Duration.

Kiddoo, D. A. (2012). Toilet training children: when to start and how to train. CMAJ : Canadian Medical Association Journal, 184(5), 511. https://doi.org/10.1503/CMAJ.110830 Kiftiyah, K., Wardani, R. A., & Rosyidah, N. N. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi Tentang Toilet Training Terhadap Peningkatan Pembelajaran Toilet Training Pada Anak Usia 3 Tahun Di Paud I Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan, 7(1), 71-79.

Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, M., & Wisudaningtyas, B. L. (2014). Penyuluhan Terhadap Sikap Ibu dalam Memberikan Toilet Training pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 157–166. Patriyani, R. E. H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Modul Bergambar Terhadap Peningkatan Keberhasilan Toilet Training Anak Toddler Di Puskesmas Sibela Surakarta. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1).

Putri, P. R. A., & Martani, W. (2020). Program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri” untuk Meningkatkan Keterampilan Toileting Anak Usia Dini. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6(1), 47-59.

Rajan, J. K. (2019). Effectiveness of Video Assisted Teaching Programme on Toilet Training of Toddlers among Parents in a Selected Rural Area in Shimla, Himachal Pradesh, India. EXECUTIVE EDITOR, 10(3), 489.

Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta. Buku Kedokteran EGC. Supartini. 2004. Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta. Buku Kedokteran EGC. Suririnah. 2010. Buku Pintar Merawat Anak dan Balita. Jakarta: Gramedia. Utami, R. B., Nurhayati, R., & Putri, A. S. S. (2021). Health Education About Toilet Training On

Maternal Behavior In The Application of Toilet Training In Preschool Children. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(1), 1194-1200.

Van Aggelpoel, T., De Wachter, S., Neels, H., Van Hal, G., Roelant, E., & Vermandel, A. (2021). Implementing a new method of group toilet training in daycare centres: a cluster randomised controlled trial. European journal of pediatrics, 180(5), 1393–1401. https://doi.org/10.1007/s00431-020-03879-y

Wijaya, A. K., Andari, F. N., & Dewentri, W. (2022). Konseling dengan Teknik Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Toilet Training pada Anak. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 5(1), 29-37.

Windiani, I Gusti Ayu Trisna., Soetjiningsih. (2008). Prevalensi dan Faktor Risiko Enuresis pada anak Taman Kanak-Kanak di Kotamadya Denpasar. Denpasar: Sari Pediatri.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Mardiah, W. (2022). INTERVENSI KEPERAWATAN DALAM MELATIH TOILET TRAINING PADA ANAK : SEBUAH NARATIVE REVIEW. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(4), 1014–1025. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i4.318