MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Keywords:
Hasil Belajar, Siswa, Pembeljaran Berbasis ProyekAbstract
Pembelajaran adalah suatu proses yang melibatkan banyak komponen, baik kondisi siswa, guru ataupun sarana pembelajaran yang ada. Pada era pembelajaran sekarang ini, diharapkan terjadi kolaborasi yang sinergis antara faktor foktor tersebut yang didukung dengan IT yang semakin canggih untuk menuju tercapainya tujuan pembelajaran (Asih Budiati, 2020) Pembelajaran IPA yang didasarkan pada standar isi akan membentuk siswa yang memiliki bekal ilmu pengetahuan (have a body of knowledge), standar proses akan membentuk siswa yang memiliki keterampilan ilmiah (scientific skills), keterampilan berpikir (thinking skills) dan strategi berpikir (strategy of thinking); standar inkuiri ilmiah akan membentuk siswa yang mampu berpikir kritis dan akan membentuk skema kognitif, sehingga anak memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan (Menurut Purwanti Widhy H, 2013) Proses pembelajaran mempunyai tiga faktor utama, yaitu guru, siswa, dan proses pembelajaran. Pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja belajar siswa, sehingga siswa berperan aktif dalam proses belajar. Pelaksanaan pembelajaran IPA ini memerlukan model pembelajan inovatif , langkah -langkah dan pendekatan scientific.
Downloads
References
Budiarti, Asih.2020. Penerapan Penilaian Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Mandiri Dan Hasil Belajar Mapel Prakarya Materi Pengolahan Hasil Peternakan Dan Perikanan Di Mtsn 1 Bantul Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, Vol 1, No 4
Darmadi, Hamid. 2012. Aktivitas belajar siswa ala Paul B. Diedrich. http://hamiddarmadi.blogspot.com/2012/04/aktivitas-belajar-siswa-ala-paul-b.html
Gamal Thabroni. 2021. Project Based Learning: Pengertian, Kelebihan, Sintaks ( online); https://serupa.id/project-based-learning/ , diakses 3 juni 2022
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada
Iswantari, Indah, Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal Paedagogy
Home > Vol 8, No 4 (2021) >
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/4126
Date accessed:23 September 2022
Kemdikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 ,Jakarta Kemdikbud
Kosasih, E. (2014) Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Novianti , Ade.(2016)PTK Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Peninggalan Sejarah Bercorak Hindu Budha dan Islam di Indonesia dalam Pelajaran IPS dengan model koopreatif TGT di kelas V SD N 01 Barulak
Prasetyowati, Rita. M.Si .2014.Makalah PPM Pembelajaran IPA SMP MenurutKurikulum2013.(online);http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319975/pengabdian/artikel-ppm-rita-prasetyowati-2014.pdf , diakses 31 Mei 2022
Setiawan, Ramadhan Indra dkk,2019. Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Bases Learning ) untuk Meningkatkan Hasil belajar, jurnal Dikdas Bantara, P-ISSN:2615-4285/E-ISSN:2615-5508, Published February& August, Vol 2, No 2 (2019) < https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/dikdasbantara/article/view/372> diakses 20 Juni 2022
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
Widhy Hastuti, Purwanti (2013). Langkah Pengembangan Pembelajaran IPA pada Implementasi Kurikulum 2013.( online ) , http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/purwanti-widhy-hastuti-spd-mpd/worksheet-integrated-sc.pdf, diakses 1 Juni 2022
Wartono, dkk.2004, Materi Pelatihan Terintegrasi Sains,buku 4 Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.