PENGARUH SKEPTISME PROFESIONAL, PENGALAMAN KERJA, DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT INTERNAL PT PANASONIC GOBEL INDONESIA

Authors

  • Muhammad Difa Riza Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Uswatun Khasanah University Bhayangkara Jakarta Raya
  • Endah Prawesti Ningrum University Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3119

Keywords:

Skeptisme Profesional, Pengalaman Kerja, Independensi, Kualitas Audit Internal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh skeptisme profesional, pengalaman kerja, dan independensi terhadap kualitas audit internal PT Panasonic Gobel Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang isinya berupa angka, dengan kata lain penyajian penelitian ini menggunakan uji statistik serta menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data untuk mempertegas teori yang sudah ada sebelumnya. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT Panasonic Gobel Indonesia. Sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel yang didapat adalah jumlah populasi yang terdiri dari divisi audit internal PT Panasonic Gobel Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) skeptisme profesional memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas audit internal; (2) pengalaman kerja memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas audit internal; (3) independensi tidak berpengaruh terhadap kualitas audit internal; dan (4) sketisme profesional, pengalaman kerja, dan independensi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji Pangesti, W. (2018). Pengaruh Skeptisme Profesional, Independensi, Kompetensi, Dan Pengalaman Terhadap Kemampuan Auditor Internal Mendeteksi Kecurangan Di Inspektorat Kabupaten Tegal.

Alim, H., & Hapsari, T. (2007). Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi. Simposiun Nasional Akuntansi X. Makasar.

Anderson, U., & Marchant, G. (1989). The Auditor’s Assessment of the Competence and Integrity of Auditee Personnel. Auditing: A Journal of Practice & Theory.

Arens, A. A., & Loebbecke, J. (2001). Integrated Approach Auditing. Salemba Empat.

Arens, A. A., & Elder, R. J. (2006). Perspectives on Auditing Education after Sarbanes‐Oxley. Accounting Education.

Arfan, Ikhsan, M. I. (2005). Akuntansi Keperilakuan. Salemba Empat.

Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2018). Rancang Bangun Sistem. Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Object Oriented Programming. Jurnal Elektro & Informatika, 2(2).

Bawono, I. R., & Singgih, E. M. (2010). Faktor-Faktor dalam Diri Auditor dan Kualitas Audit : Studi Pada Kap ‘ Big Four ’ di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 14(2).

Butt, J. L. (1988). Frequency Judgments in an Auditing-Related Task. Journal of Accounting Research, 2Damayanti, A., & Mulyadi, J. M. V. (2014). Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Prediksi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Sektor Non Keuangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan.

Dewa Ayu Wini Triarini, N. M. Y. L. (2016). Pengaruh Kompetensi, Skeptisme Profesional, Motivasi, Dan Disiplin Terhadap Kualitas Audit Kantor Inspektorat Kabupaten/Kota Di Bali. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9 ed.). Universitas Diponegoro.

Handayani, K. A. T., & Merkusiwati, L. A. (2015). Pengaruh Independensi Auditor dan Kompetensi Auditor pada Skeptisisme Profesional Auditor dan Implikasinya terhadap Kualitas Audit. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Jaya, T. E., Irene, & Choirul. (2016). Skepticism, Time Limitation of Audit, Ethics of Professional Accountant and Audit Quality (Case Study in Jakarta, Indonesia). Review of Integrative Business and Economics Research.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs, and Ownership Structure.

Libby, R., T. Artman, J., & John J., W. (1985). Process Susceptibility, Control Risk, and Audit Planning. American Accounting Association.

Lubis, M., Elisabeth, K., & Radhi MBA, D. F. (2009). Evaluasi kualitas internal audit :: Studi pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. repositoryugm.

Mulyadi. (2002). Auditing. Salemba Empat.

Sunyoto, S. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. CAPS.

Wulandari, T. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi. Peran Audit Internal, dan Whistleblowing System Terhadap Pencegahan Kecurangan (Bachelor’s thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Riza, M. D., Khasanah, U., & Ningrum, E. P. (2024). PENGARUH SKEPTISME PROFESIONAL, PENGALAMAN KERJA, DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT INTERNAL PT PANASONIC GOBEL INDONESIA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3327–3351. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3119