PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TENTANG EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI OESAPA KECIL 2

Authors

  • Silvester Petrus Taneo Universitas Nusa cendana
  • Andriyani A Dua Lehan Universitas Nusa cendana
  • Marsela Clarista Lin Universitas Nusa cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3117

Keywords:

Hasil Belajar., Model problem based learning, Peserta didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik di kelas V pada materi ekosistem, di SD Negeri Oesapa Kecil 2 menggunakan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Oesapa Kecil 2 yang berjumlah 24 orang yakni 9 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini pada siklus I nilai rata-rata peserta didik ialah 63,00 dengan persentase ketuntasan sebanyak 60%. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 84,00 dengan persentase ketuntasan sebanyak 95%. Dengan demikian maka hasil penelitian tentang ekosistem kelas V SD Negeri Oesapa Kecil 2 dikatakan berhasil karena mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39.

Husna, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Tentang Ekosistem Kelas V SDN 067251 Medan Deli. Seminar Nasional Lppm Ummat, 2(4), 692–698.

Lestari, N. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Evolusi. Indonesian Journal of Education and Learning, 6(1), 11–18.

Nisa, K., Nursyahidah, F., Saputra, H. J., & Junaidi, A. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 948-955.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17-32.

Sari, R. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Pada SD Negeri 71 Kaur. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Tabroni, Syukur, M., & Indrayani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII_B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 261–266.

Verawati, Salam, R., & Tawil, T. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Islam Al-Falah. Pinisi Journal PGSD, 3(1), 413–419.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Taneo, S. P., Lehan, A. A. D., & Lin, M. C. (2024). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TENTANG EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI OESAPA KECIL 2. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3312–3318. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3117