PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAS DI KELAS II SD INPRES TENAU

Authors

  • Maria Delfiana Naiheli Universitas Nusa cendana
  • Juliana M.H. Nenohai Universitas Nusa cendana
  • Vera R. Bulu Universitas Nusa cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3110

Keywords:

Keterampilan Berhitung, Papan Pintar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan dan pengurangan melalui model problem based learning berbantuan media papan pintar di kelas II SD Inpres Tenau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IIA SD Inpres Tenau dengan jumlah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian tes siklus I terdapat 13 peserta didik (50%) yang tuntas sedangkan 13 peserta didik lainnya belum tuntas. Pada siklus II terdapat 24 peserta didik (92%) yang tuntas dan 2 peserta didik tidak tuntas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berhitung penjumlahan dan pengurangan melalui model problem based learning berbantuan media papan pintar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awiria, Nurhayati. S, Putri. F. D, Yohamintin. 2020. Pembelajaran matematika SD kelas rendah. Penerbit CV Bianglala Kreasi Mandiri. Bogor. 152 hlm

Firdaussy, A. N., Khoiroh, F., Oktavia, P., & Krisdiyanto, D. Y. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Papan Pintar Untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Di SDN Roto 2 Krucil Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 02(01), 65–69. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/

Fryda Heningtyas, A., Deshinta, A., & Mutaqin, M. (2023). Peningkatan Minat Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas III SDN Jurugentong (Vol. 2, Issue 1).

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 7. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Juardi, I. F., & Komariah, K. (2023). Konsep Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berlandaskan Teori Kognitif Jean Piaget. Journal on Education, 6(1), 2179–2187. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3220

Kristanto, A. 2016. Media Pembelajaran. Penerbit Bintang Sutabaya Anggota IKAPI Daerah Jawa Timur No. 011/JTI/95. Surabaya. 129 hlm.

Lestari Y. P, Slameto, Radia E. H. (2018). Penerapan PBL (Problem Based Learning) berbantuan media papan catur untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 4 (1) : 53-62.

Mela D., Armaini. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Menggunakan Media Gelas Bilangan Bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 151–156.

Tawa M. E, Meo M. D, Senda M. F, Sayangan Y. V, Lobo, L. (2023). Penggunaan media papan pintar berhitung untuk meningkatkan pemahaman numerasi bagi siswa kelas 1 di SDK Olabolo. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan (JCMP). 1(3) : 152–154.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6 (1) : 1-8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Suci Setyawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD, Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 6 (2) : 94-95.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Naiheli, M. D., Nenohai, J. M., & Bulu, V. R. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAS DI KELAS II SD INPRES TENAU. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3205–3211. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3110