MENGATASI KESENJANGAN DIGITAL : MEMBUKA AKSES PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT BAGI SEMUA KALANGAN

Authors

  • Yega Veriska Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Arin Khairunnisa Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3108

Keywords:

Kesenjangan Digital, Pendidikan Sepanjang Hayat

Abstract

Penggunaan teknologi digital sangat mendukung pendidikan sepanjang hayat dan memiliki beberapa keunggulan platform, termasuk peningkatan aksesibilitas dan fleksibilitas pembelajaran, pengayaan pengalaman belajar melalui fitur interaktif, manajemen pembelajaran yang efisien, penggunaan data, analisis untuk pemantauan dan perbaikan, serta kemampuan untuk memfasilitasi kolaborasi dan keterlibatan peserta didik. Dengan potensi ini, Education Marketplace membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat, mengatasi hambatan geografis dan jadwal, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan efektif. Penelitian ini menggunakan  metode penelitian kualitatif  dengan menggunakan studi literatur untuk  mengumpulkan data. Dimana kebutuhan akan TIK yang berkembang semakin pesat harusnya dapat dirasakan oleh semua golongan masyarakat tanpa adanya kesenjangan atau gap antar individu, baik antara si kaya dan si miskin, atau antar masyarakat perkotaan dan pedesaan yang mana di realitanya terdapat perbedaan kesempatan atas akses TIK dan penggunaan internet untuk beragam aktivitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Y., & Murcahyanto, H. (2023). Optimalisasi Penerapan Literasi Digital pada Pendidikan Sepanjang Hayat. Journal of Elementary School (JOES), 6(2), 598–609. https://doi.org/10.31539/joes.v6i2.6128

Chomsum, A. (2020). Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1. https://kumparan.com/aan-herdian89/transformasi-pendidikan-di-era-digital-1zG74Ilpzc4/4

Cumhur, Y. E., Esra, Z. E. N., Doktora, K., Ve, U. M., Hastaliklari, K., Dani, D., Do, M. A. N., 강용묵, Arumaningrum, diah gayatri, Lionetto, F., Pappadà, S., Buccoliero, G., Maffezzoli, A., Marszałek, Z., Sroka, R., Stencel, M., Buser, Y. M., Grouve, W. J. B., Vruggink, E., … 知野, 哲郎 杉野誠. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 26(1), 1–4. https://doi.org/10.1007/s11273-020-09706-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jweia.2017.09.008%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.energy.2020.117919%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.coldregions.2020.103116%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jweia.2010.12.004%0Ahttp://dx.doi.o

Fadilla, N. (2020). Kesenjangan Digital di Era Revolusi Industri 4.0 dan Hubungannya dengan Perpustakaan sebagai Penyedia Informasi. Libria, 12(1), 1–14.

Haniko, P., Sappaile, B. I., Gani, I. P., Sitopu, J. W., Junaidi, A., Sofyan, & Cahyono, D. (2023). Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 306–315. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.371

Hufad, A., Sulistiono, E., & Najmudin, M. F. (2024). Education marketplace pendidikan masyarakat. 7, 170–182.

Warsita, B. (2007). Peranan TIK dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. Teknodik, 11(20), 1–235. https://core.ac.uk/download/pdf/227161859.pdf#page=9

Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., Suryaningsih, M. D., & Pramono, D. (2021). Implementasi Penggunaan Teknologi oleh Orang Tua sesuai Pendidikan Karakter Moral untuk Anak Usia Dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104–112.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Veriska, Y., & Khairunnisa, A. (2024). MENGATASI KESENJANGAN DIGITAL : MEMBUKA AKSES PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT BAGI SEMUA KALANGAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3192–3198. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3108