ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PEMBERDAYAAN UMKM DI INDONESIA

Authors

  • Ayshifa Nur Aini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Ela Nur Safitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Gita Majalina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Muhammad Zainul Abidin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Novi Khoiriawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2842

Keywords:

Peluang, Pemberdayaan UMKM, Tantangan

Abstract

ujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peluang dan kesulitan teknologi dalam memajukan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Artikel ini berfokus pada pemberdayaan, bagaimana teknologi digital dapat membantu UKM meningkatkan kinerja dan bersaing di pasar global, serta tantangan dan peluang yang dihadapi UKM dalam pengembangan teknologiPeningkatan usaha kecil dan menengah merupakan langkah maju yang signifikan dalam memperbaiki dan memperkuat situasi perekonomian banyak masyarakat Indonesia, terutama melalui penciptaan lapangan kerja, pengurangan kesenjangan dan pengurangan kemiskinan. Metode dari literatur kualitatif (studi literatur) digunakan dalam proyek penelitian ini. Informasi yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data sekunder yang dikumpulkan pada website khususnya Laporan Pemberdayaan UMKM 2022 yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa evaluasi peluang dan keterbatasan teknologi dalam memajukan usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia menyoroti bahwa teknologi memiliki fungsi penting dalam meningkatkan daya saing dan produktivitas UMKM. Inisiatif publik untuk membantu UKM melakukan digitalisasi; Banyak penyedia layanan harus menghadapi keberlanjutan perusahaan di era digital. Namun, tantangan lain seperti rendahnya kualitas tenaga kerja, rendahnya kapasitas teknis dan terbatasnya akses terhadap modal juga mungkin terjadi. Untuk meningkatkan potensi UMKM di Indonesia, pemerintah dan organisasi terkait harus fokus pada pengembangan infrastruktur bisnis, peningkatan kualitas pegawai, dan peningkatan permodalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apulu, I., & Latham, A. (2011). Drivers for Information and Communication Technology Adoption: A Case Study of Nigerian Small and Medium Sized Enterprises. International Journal of Business and Management, 6(5), 51-60.

Aulia, Firda Nur Miftitah & Mashudi. 2023. Peluang Bisnis Bagi UMKM Di Era Digital (Studi Kasus Pada UMKM Sheo Sweet Di Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-commerce. Vol. 2 No. 1 maret 2023

Ayandibu, A. O., & Houghton, J. (2017, January). The role of Small and Medium Scale Enterprise in local economic development (LED). Journal of Business and Retail Management Research, 11(2), 133-139.

Bungin, Burhan. 2017. “Metodologi Penelitian Kualitatif.”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fattah, Abdul Nasution. Metode Penelitian Kualitatif. Medan: CV. Harfa Creative.

Lathifah dan Noorman (2018). Analisis Peluang dan Tantangan pada Paguyuban Cahaya Terang sebagai UMKM Pengrajin.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-commerce 2017: Business, Technology, Society (13th ed.). Pearson Education.

Maulida, Sri & Ahmad Yunani. 2017. Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Berbagai Aspek Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Vol. 2 No. 1 Desember 2017.

Qosasi, A., Permana, E., Muftiandi, A., & Ambari, I. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-10.

Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 142-150.

Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7(1), 25-41.

Ridwan, Iwan Zaelani. 2019. Peningkatan Daya Saing Umkm Indonesia: Tantangan dan Peluang Pengembangan Iptek. Jurnal Transborders Vol.3 No. 1 (Desember 2019)

S, Debi Fuadi, Ade Sadikin Akhyadi, Iip Saripah. 2021. Tinjauan Sistematis: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Jurnal DIKLUS Vol. 5 No. 1, Maret 2021-1

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM Pangan Tradisional sebagai Penggerak Ekonomi Perdesaan. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan, 4(1), 1-8.

Savrul, M., Incekara, A., & Sener, S. (2014). The Potential of E-commerce for SMEs in a Globalizing Business Environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 150, 35-45.

Sedyastuti, Kristina. 2018. Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. Jurnal INOBIS Vol. 2 No. 1 Desember 2018

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Suryana, Dayat. 2012. Mengenal Teknologi. Bandung

Susilowati, Heni, Ratnaningrum, Myra Andriana, M.Kom Titin Hargyatni, Erlinda Sholihah. 2022. Kinerja Bisnis Umkm Di Era Digital. Sukoharjo: Eureka Media Aksara.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-isu Penting. LP3ES.

Tambunan, T. (2017). Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Ghalia Indonesia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Zaelani, Iwan Ridwan (2019). Peningkatan Daya Saing UMKM Indonesia - Penelitian kualitatif Studi dokumen dan studi pustaka.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Aini, A. N., Safitri, E. N., Majalina, G., Abidin, M. Z., & Khoiriawati, N. (2024). ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PEMBERDAYAAN UMKM DI INDONESIA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2564–2571. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2842