IDENTIFIKASI PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DALAM CERPEN SISWA

Authors

  • Jefrey Oxianus Sabarua Universitas Halmahera
  • Elsye Jesty Mutji Universitas Halmahera
  • Like Suoth Universitas Halmahera

Keywords:

Cerpen, Sd Gmih Igo, Bentuk Kata, Fungsi Kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk kata dan mengetahui fungsi dari bentuk kata yang digunakan dalam cerpen siswa kelas VI SD GMIH Igo. Oleh sebab itu, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode cakap. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metode padan dan metode agih. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa penggunaan bentuk kata dalam cerpen siswa kelas VI SD GMIH Igo, diketahui bahwa dari 15 cerpen yang dianalisis pengunaan kosakata bahasa Indonesia, diketahui penguasaan bentuk kata dasar memiliki presentase terbesar yaitu 893 Kosakata dan presentase terkecil yaitu penguasaan kosakata dalam bentuk turunan akronim sebanyak 19 kosakata. Fungsi bentuk kata yang digunakan dalam Cerpen Siswa Kelas VI SD GMIH Igo bahwa dari 15 cerpen yang dianalisis pengunaan kosakata bahasa Indonesianya diketahui bahwa presentasi terbesarnya berfungsi sebagai kata ganti yaitu berjumlah 197 kosakata dan presentasi terkecilnya berfungsi sebagai kata penegas yaitu berjumlah 82 kosakata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Markus, N., Kusmiyati, K., & Sucipto, S. (2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Fonema, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.25139/fonema.v4i2.762

Pramesti, U dewi. 2015. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca melalui Teka-Teki Silang. Jurnal Puitika, Vol.11, No.1.

Sumarlam. 2019. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Buku Kata

Latifa, Nur., Munajah, R., Hasanah, U. (2020). Pengantar Sastra Anak. Tangerang: Universitas Trilogi

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Riswiarti, L. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kebonagung 03 Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 3(2), 15–30.

Zahro, U. A., Noermanzah, & Syafryadin. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. … Pendidikan Bahasa Dan …, 187–198. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675.

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Sabarua, J. O., Mutji, E. J., & Suoth, L. (2024). IDENTIFIKASI PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DALAM CERPEN SISWA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2477–2482. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/2819