IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 10 TAHUN 2017 TENTANG PENANGGULANGAN KABUT ASAP DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Riswandi Ahdiat Sekolah Tinggil Ilmu Administrasi Amuntai
  • Putri Ningsih Alva Nindi Afrilla Sekolah Tinggil Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2814

Keywords:

Implementasi, Penanggulangan Kabut Asap

Abstract

Penelitian dilatar belakangi fenomena yaitu; Pertama Masyarakat yang kurang mengetahui UU penanggulanagan kabut asap; Kedua Kurangnya pengawasan Masyarakat dalam upaya pencegahan pembakaran lahan; Ketiga Himbauan dari pemerintah terkait bahaya kabut asap masih kurang cepat dari permasalahan terjadi; keempat Tidak ada solusi dari pemerintah kepada masyarakat tentang penanggulangan kabut asap. Tujuan Penelitian agar mengetahui Bagaimana implementasi, mengetahu faktor penghambat dan upaya dalam mengatasinya. Metode digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diambil melalui penarikan sample secara purposive sampling berjumlah 14 orang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan uji kredibilitas data dengan tahap reduksi data, Tahap Penyajian Data/Analisis Data Setelah Pengumpulan Data, Tahap Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Implementasi peraturan daerah Nomor 10 Tahun 2017 tentang penangulangan kabut asap berjalan dengan cukup baik, dilihat dari indikator pertama Tujuan dari bahwa sudah terimplementasi; kedua Ukuran keberhasilan kurang terimplmentasi; ketiga sumber daya manusia cukup terimplementasi; keempat Sumber daya anggaran masih kurang terimplementasi; Kelima sumber daya waktu pelaksanaan sudah terimplementasi. Faktor penghambat dari implementasi peraturan daerah Nomor 10 Tahun 2017 tentang penangulangan kabut asap ini ada empat faktor yaitu pertama faktor sarana prasarana pemadaman karhutla kurang memadai; Kedua faktor akses jalan susah ditempuh; ketiga kesulitan mencari sumber daya air; keempat kesadaran masyarakat kurang.  Upaya dalam menatasi Faktor penghambat dari implementasi peraturan daerah Nomor 10 Tahun 2017 tentang penangulangan kabut asap ini yaitu dengan; pertama bekerjasama dengan BPBD Provinsi dan instansi terkait kedua membawa air menggunakan tong dan tas air; ketiga Membawa Air dari Hydrant, Keempat melakukan sosialisasi dan himbauan. Untuk meningkatkan implementasi Peraturan daerah nomor 10 Tahun 2017 disarankan kepada Satpol PP dan Pemadam Kebakaran dapat berpartisipasi sesuai tupoksinya,; BPBD sebagai implementor agar meminta anggaran kepada pemerintah daerah untuk anggaran sarana prasarana, memaksimalkan sosialisasi serta membuat program subsidi obat rumput; Kepolisian, TNI/BABINSA diharapkan membantu sosialisasi serta memaksimalkan penjagaan dan menyelidiki siapa dalangnya; BPK dan MPA diharapkan bisa ikut membantu dalampemadaman karhutla; Masyarakat agar bisa lebih sadar akibat dari karhutla tentang bahaya kabut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Perda Kab. Hulu Sungai Utara No.10 Tahun 2017, 27 Desember 2017, 18 Oktober

,https://peraturan.bpk.go.id/Details/88671/perda-kab-hulu-sungai-utara-no-10-tahun-2017

Rahmadi, Pengantar Metodologi Penelitian, Antasari Press

Banjarmasin,23Oktober2023https://idr.uinantasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR%20METODOLOGI%20PENELITIAN.pdf

Mustari, Nuryanti Pemahaman KEBIJAKAN PUBLIK Formulasi, Implementasi

dan Evaluasi Kebijakan Publik PT Leutika NouvaliteraIsi, 23-Oktober-2023https://library.unismuh.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/MDI4NWNlNmU0YzM0YWEyMDUxMWM0NjQzNjQ2NTIxZTkxNzJjOWU5Ng==.pdf

Abidin, Said Zainal 2018, Kebijakan Publik , Salemba Humanika Jakarta Selatan

Agustino Leo 2013, Dasar-Dasar Kebijakan Publik, CV Alfabeta Bandung Ali, Faried, Andi Syamsu Alam, SAstro M. Wantu 2017, Studi Anlisa Kebijakan, PT. Refika Aditama Bandung.

Anggara, Sahaya 2014, Kebijakan Publik, Pustaka Setia Bandung

Dewi, Rahayu Kusuma 2016, Studi Analisis Kebijakan, Pustaka Setia Bandung.

Muflihin, Faras Naufal Implementasi Peraturan Daerah Provinsi

Kalimantan Tengah

Affrian, Reno 2023, Model-Model Formulasi Kebijakan, Implementasi, dan

Evaluasi Kebijakan, Bintang Semesta Media, Yogyakarta.

Nomor 1 Tahun 2020 tentang pengendalian kebakaran lahan di Kecamatan

Pekan Raya perspektif Siyasah Dusturiyah, UIN Sunan Gunung Jati, Bandung.

Mulyadi, Deddy 2016, Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Alfabeta

Bandung

Pancasari, Rianayati Kusmini 2014, Kebijakan Publik Di Negara-Negara

Berkembang, Pustaka Pelajar Cirebon.

Rizqa 2021, Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 Tentang

Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Di Kabupaten Hulu Sungai Utara Studi Kasus Banjir Di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Situmorang, Chazali H 2016, Kebijakan Publik Teori Analisis, Implementasi, dan

Evaluasi Kebijakan, Social Security Develoment Institute Depok

Bandung

Sugiyono 2022, Metode Penelitiam Kualitatif, CV Alfabeta Bandung

STIA Amuntai 2022, Pedoman Skripsi, STIA Amuntai.

Winarno, Budi 2014, Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus,

PT. Buku Seru Jakarta

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Ahdiat, R., & Afrilla, P. N. A. N. (2024). IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 10 TAHUN 2017 TENTANG PENANGGULANGAN KABUT ASAP DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2518–2529. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2814