IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 36 TAHUN 2018 TENTANG LARANGAN PENYELENGGARAAN REKLAME ROKOK DAN PRODUK TEMBAKAU PADA MEDIA LUAR RUANG DAN JALAN PROTOKOL DI KECAMATAN PARINGIN KABUPATEN BALANGAN

Authors

  • Ni Made Musiyani Anjasmari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Muhamad Bakhtiar Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2789

Keywords:

Peraturan Bupati , Reklame Rokok , Produk Tembakau, Media Luar Ruang Dan Jalan Protokol

Abstract

Peraturan Bupati Balangan Nomor 36 Tahun 2018 tentang Larangan  Penyelenggaraan Reklame Rokok dan Produk Tembakau pada Media Luar Ruang dan Jalan Protokol adalah suatu upaya yang dilakukan dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Wilayah Kabupaten Balangan. Permasalahan yang masih ditemukan seperti kurangnya sosialisasi sehingga masyarakat tidak mengetahui adanya peraturan, belum ada sanksi ke masyarakat dan kurangnya koordinasi dalam penertiban reklame rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Bupati Balangan Nomor 36 Tahun 2018 tentang Larangan  Penyelenggaraan Reklame Rokok dan Produk Tembakau pada Media Luar Ruang dan Jalan Protokol di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data menggunakan teknik Purposive Sampling berjumlah 13 orang. Kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian kredibilitas data melalui perpanjangan waktu pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Bupati Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Larangan Penyelenggaraan Reklame Rokok dan Produk Tembakau pada Media Luar Ruang dan Jalan Protokol di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan berjalan cukup baik. Hal ini dilihat dari: Pertama, tujuan dan sasaran kebijakan sudah jelas dan tepat. Kedua, sumber daya manusia dan anggaran  cukup tersedia. Ketiga, struktur organisasi cukup baik, aturan cukup jelas, sedangkan untuk sanksi kurang optimal. Keempat, respon implementor cukup baik dan mendukung, untuk pemahaman cukup baik. Kelima, kerjasama dan kooordinasi dengan instansi lain masih kurang baik sedangkan untuk sosialisasi kurang optimal. Keenam, kondisi ekonomi, sosial dan politik kurang mendukung. Faktor penghambat yaitu tidak ada larangan atau teguran dari masyarakat dan dukungan Pemerintah Daerah dalam evaluasi kurang optimal. Sedangkan faktor pendukung yaitu tujuan kebijakan yang jelas. Agar Implementasi Peraturan Bupati Nomor 36 Tahun 2018 berjalan optimal, maka disarankan kepada Pemerintah Kabupaten untuk mendukung penuh Perbup tersebut dengan mengadakan forum-forum atau rapat evaluasi. Dinas Kesehatan dan Satpol PP untuk meningkatkan sosialisasi dan koordinasi dalam penegakan Peraturan Bupati ini. Masyarakat atau distributor rokok agar bisa mentaati peraturan larangan memasang reklame rokok dan produk tembakau

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2014. Peraturan Daerah Kabupaten Balangan Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Anonim. 2018. Peraturan Bupati Balangan Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Larangan Penyelenggaraan Reklame Rokok dan Produk Tembakau pada Media Luar Ruang dan Jalan Protokol.

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan 1. Makassar: CV Syakir Media Press

Abubakar, Rifai. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian, Cetakan Pertama. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Agustino, Leo. 2020. Dasar-Dasar Kebijakan Publik, Edisi Revisi Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Anggara, Sahya. 2018. Kebijakan Publik, Cetakan Ke-2. Bandung: CV Pustaka Setia.

Agung, Zulkarnain. 2018. Implementasi Pasal 7 Ayat 3 Perda Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Kabupaten Kulon Progo. Skripsi S1 pada Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Dewi, Rahayu Kusuma. 2016. Studi Analisis Kebijakan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kadji, Yulianto. 2015. Formulasi Dan Implementasi Kebijakan Publik Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasi dalam Fakta Realitas, Cetakan Pertama. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Meutia, Intan Fitri. 2017. Analisis Kebijakan Publik. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.

Mulyadi, Deddy. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, Riant. 2015. Kebijakan Publik di Negara-Negara Berkembang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rizali, Akhmad. 2021. Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Balangan Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi Kasus Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Balangan). Skripsi S1 pada Administrasi Publik STIA Amuntai: tidak diterbitkan.

Rusmila. 2019. Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Balangan Nomor 15 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Balangan). Skripsi S1 pada Administrasi Publik STIA Amuntai: tidak diterbitkan.

Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Cetakan 1. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Subarsono, AG. 2021. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Suharto, Edi. 2015. Analisis Kebijakan Publik: Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahir, Arifin. 2015. Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Bandung. Alfabeta.

Taufiqurokhman. 2014. Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggungjawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggaara Pemerintahan. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Moestopo Beragama Pers.

Tim Penyusun. 2022. Pedoman Penyusunan Dan Penulisan Skripsi Program Studi S1 Administrasi Publik. Amuntai: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai.

Wahab, Solichin Abdul. 2017. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model- Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zagoto, Reaksi, Erasma Filtilai Zalogo,Paskalis Dakhi. 2022. Analisis Tata Cara Pemungutan Pajak Reklame yang Diterapkan Oleh Dinas Pendapatan Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. 5 (1) 51-62.

Prawiro, Muhammad. 2022. Pengertian Reklame: Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis dan Contohnya. (online). Tersedia: https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-reklame.html (14 April 2023)

Wiryawinata, Arvin William. 2022. Mengenal Reklame: Tujuan, Fungsi dan Jenis-Jenisnya. (online). Tersedia: Tersedia: https://www.jurnal.id/id/blog/fungsi-reklame/ (14 April 2023)

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Anjasmari, N. M. M., & Bakhtiar, M. (2024). IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 36 TAHUN 2018 TENTANG LARANGAN PENYELENGGARAAN REKLAME ROKOK DAN PRODUK TEMBAKAU PADA MEDIA LUAR RUANG DAN JALAN PROTOKOL DI KECAMATAN PARINGIN KABUPATEN BALANGAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2469–2476. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2789