PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, DAN PENERAPAN SISTEM E-SAMSAT TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BEKASI PADA KANTOR SAMSAT KOTA BEKASI
Keywords:
Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Penerapan Sistem E-Samsa, Kepatuhan Wajib PajakAbstract
Kepatuhan Wajib Pajak adalah Ketika wajib pajak memenuhi kewajiban perpajakannya untuk mendukung kemajuan negara yang diharapkan. Sistem perpajakan dianggap efektif jika mayoritas wajib pajak memenuhinya sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi penerimaan pajak negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Penerapan Sistem E-Samsat terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Bekasi Pada Kantor Samsat Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yaitu berupa kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 300 sampel dengan metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Penerapan Sistem E-Samsat secara simultan berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Secara parsial variabel Kesadaran Wajib Pajak tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Sedangkan, variabel Kualitas Pelayanan Fiskus dan Penerapan Sistem E-Samsat berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.
Downloads
References
Adi Hartopo, Endang Masitoh, and Purnama Siddi. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kesadaran Pajak, Pemeriksaan Pajak, Pengetahuan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kecamatan Delanggu.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen 16, no. 2: 50–56. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i2.394.
Ajzen. 1991. “Theory of Planned Behavior.”
Anggita, Puspa, Amor Marundha, and Uswatun Khasanah. 2023. “Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Perpajakan Dan Sistem E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.” Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi 2, no. 3: 1–16. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat.
Bhagaskara, Kukuh, Rachmat Pramukty, and Tri Yulaeli. 2023. “Pengaruh Tingkat Pendapatan , Kesadaran Wajib Pajak Dan Penerapan Sistem E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua ( Studi Kasus Pada Kantor Samsat Kota Bekasi ).” Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2, no. 1: 74–88. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/profit.v2i1.449.
Dewi, Dewa Ayu Rindya Kartika, I Gede Cahyadi Putra, and Ni Luh Gede Mahayu Dicriyani. 2022. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Moral, Biaya Kepatuhan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Klungkung.” Jurnal Kharisma 4, no. 2: 371–86. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/article/view/4887.
Harjadi, Dikdik. 2022. “Peranan Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Penerapan E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua.” Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif 7, no. 2: 10–23. https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i2.2280.
Heider, Fritz. 1958. “Teori Atribusi.”
Hidayat, Rachmat, and Suci Rahma Wati. 2022. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kota Bandung.” Owner: Riset & Jurnal Akuntansi 6, no. 4: 4009–20. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1068.
Hormati, Christian Eman, Cecilia Kewo, and Nikolas F Wuryaningrat. 2021. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Kota Tomohon.” Jurnal Akuntansi Manado (JAIM) 2, no. 1: 98–104. https://doi.org/10.53682/jaim.v2i1.532.
Malau, Yois Nelsari, Theresia Lumban Gaol, Ehtri Novelia Giawa, and Chesya Juwita. 2021. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak , Pengetahuan Pajak , Sanksi Pajak Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Medan.” Journal of Economics and Business 5, no. 2: 551–57. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.414.
Masur, Gregoriani Chinantia, and Yuliastuti Rahayu. 2020. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi 9, no. 3: 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/download/2824/2834.
Ridhawati, Rakhmi, Dewi Lesmanawati, and Annisa Pratiwi Lufty. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Uppd Banjarmasin 1.” Dinamika Ekonomi - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 15, no. 1: 37–48. https://doi.org/10.53651/jdeb.v15i1.363.
Saputri, Dwi Anggraeni, and Nur Anisa. 2020. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Bandar Lampung.” Jurnal Manajemen Bisnis Syariah 2, no. 1: 59–70. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/mabsya.v2i1.3772.
Savitri, Fania Mutiara, Setyo Budi Hartono, Ariana Suryorini, and Nila Nafisatulizza Alfirdaus. 2022. “PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SAKPOLE DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI KASUS WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR KOTA SEMARANG)” 1, no. 8: 811–24. https://doi.org/https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220216302112053.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Edited by Sutopo. 2nd ed.
Susanty, Rini, Vinny Stephanie Hidayat, Fakultas Bisnis-program Studi, and Akuntansi-universitas Kristen Maranatha. 2023. “Pengaruh Penerapan E-Samsat Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Di Samsat Kota Bandung).” Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi 9, no. 1: 3376–87. https://doi.org/https://doi.org/10.33197/jabe.vol9.iss1.2023.1495.
Trisliatanto, Dimas Agung. 2020. Metodologi Penelitian. Edited by Giovanni. 1st ed.
Wardani, Dewi Kusuma, and Tri Wulandari. 2023. “Kepatuhan Wajib Pajak, Kendaraan Bermotor Di Cilacap : Dampak Aplikasi SAKPOLE, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan” IX, no. 1: 135–50. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jiap.v9i1.34379.
Widiastini, Ni Putu Atik, and Ni Luh Supadmi. 2020. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi, Kualitas Pelayanan Dan Sosialisasi Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.” E-Jurnal Akuntansi 30, no. 7: 1645. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i07.p03.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Handini Pratami Hadianto, Wastam Wahyu Hidayat, Endah Prawesti Ningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.