HUBUNGAN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH

Authors

  • Shintya Milana Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Asnawi Abdullah Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Nopa Arlianti Universitas Muhammadiyah Aceh

Keywords:

Game Online, Prestasi Belajar, Mahasiswa, Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan bermain game online dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini dilakukan selama 8 hari di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 560 orang dengan sampel berjumlah 86 orang yang terpilih dengan menggunakan teknik aksidental. Penelitian ini menggunakan 2 analisis data yaitu analisis univariat dan analisis multivariat dengan menggunakan uji analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar (p-value 0.008) dengan prestasi belajar dan tidak ada hubungan antara game online (p-value 0,155), kehidupan sosial (p-value 0.445), dan emosional (p-value 0,340) dengan prestasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, Rika Agustina. "Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja di Samarinda." Journal Ilmu Komunikasi, 2016: 291-304.

Azizah, Latifatul, Hariyano, and Surya Lilis Wati. "Hubungan kebiasaan bermain game online dengan kulaitas tidur remaja pada siswa kelas x." Journal of Controlled Release, 2018: 430–439.

BD, Faridah, Yuliva Bakar, and Vivi Oknalia. "Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Belajar." Jik Jurnal Ilmu Kesehatan, 2020: 136.

Hambali, Maulidar, and Fitrian Nur Aklima. "Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 2 Banda Aceh." Jurnal Tunas Bangsa, 2019: 302-310.

Handayanti, Resita Alif. "Hubungan Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi D IV Bidan Pendidik Semester III Di Stikes Aisyiyah Yogyakarta." Skripsi, 2016: 390-392.

Hermawan, Rudi. "Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Di MAN 1 Indrgiri Hilir." Skripsi, 2021.

Latifah, Eva. "Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar:Kajian Meta Analisis." Jurnal Psikologi, 2015: 110 – 129.

Nesic, Stankovic and. "Association of internet addiction with depression, anxiety, stress, and the quality of sleep: Mediation analysis approach in Serbian ." Current Research in Behavioral Sciences, 2022.

Nurlaela, Asti. "Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik." Jurnal Geografi Gea, 2016: 40-48.

Puspitasari, Sintya Ayu. "Hubungan Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi D IV Bidan Pendidik Semester Iii Di Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta." Skripsi, 2021.

Supardi. "Teori Mahasiswa." Jurnal Keperawatan, 2016.

Surbakti, Krista. "Pengaruh Game Online Terhadap Remaja." Jurnal Curere, 2017: 28-38.

Syafi'i, Ahmad, and Tri Marfiyanto. "Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi." Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2018: 115.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Milana, S., Abdullah, A., & Arlianti, N. (2024). HUBUNGAN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(3), 1481–1490. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/2359