PENGEMBANGAN INFOGRAFIS INTERAKTIF PELUANG UPAYA MENGOPTIMALKAN MATHEMATICAL STUDENT ENGAGEMENT

Authors

  • Devy Permatasari Universitas Serang Raya
  • Rina Oktaviyanthi Universitas Serang Raya
  • Indri Lestari Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.224

Keywords:

Infogfaris Interaktif, Multimedia Interaktif, Student Engagement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar berupa media pembelajaran infografis interaktif untuk mengoptimalkan mathematical student engagement pada materi peluang untuk peserta didik kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian infografis interaktif untuk mengukur kelayakan dan respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa infografis interaktif untuk mengoptimalkan mathematical student engagement dinyatakan telah memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase 87,50% dengan kategori “Sangat Layak” untuk kelayakan media, pada kelayakan materi 90% dengan kategori “Sangat Layak” dan 81,66% untuk Respon siswa dengan kategori “Sangat Baik”. Sehingga media infografis interaktif dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldila, T. H. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Indonesia Berbentuk Infografik Materi Sejarah Kerajaan Islam Di Jawa Dan Akulturasinya Kelas X MIIA. Universitas Negeri Semarang.

Fikrie, dan Ariani, L. (2019). Keterlibatan siswa (student engagement) di sekolah sebagai salah satu upaya peningkaan keberhasilan siswa di sekolah. Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019: Menjadi Siswa Yang Efektif Di Era Revolusi Industri 4.0, April 2019.

Fredricks, dkk. (2016). Student engagement, Context, And adjustment: Addressing definitional, Measurement, And methodological issues. In Learning and Instruction (Vol. 43).

Fung, F., Tan, C. Y., & Chen, G. (2018). Student engagement and mathematics achievement: Unraveling main and interactive effects. Psychology in the Schools, 55(7).

Gunuc, S., dan Kuzu, A. (2016). Assessment & Evaluation in Higher Education Student engagement scale: development, reliability and validity. Assessment & Evaluation in Higher Education.

Hadijah Siti. (2018) Analisis Respon Siswa Dan Guru Terhadap Penggunaan Numeracy.

Mansur, H., dan Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1).www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Oktaviani Dwi. A.I. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Microsoft Powerpoint Terintegrasi Ispring Suite pada Materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI SMA. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Puspita, S. E. (2017). Pengembangan Media Berbentuk Infografis Sebagai Penunjuang Pembelajaran Fisika SMA Kelas X di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 46–54.

Qomaria, Nur. (2019). Gallery Walk: Strategi Untuk Mengoptimalkan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1).

Widyasari, dkk. 2018. Efektivitas Penggunaan Infografis Pada Perancangan Buku Profil Universitas (Studi Objek Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/view/4683.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Permatasari, D., Oktaviyanthi, R., & Lestari, I. (2022). PENGEMBANGAN INFOGRAFIS INTERAKTIF PELUANG UPAYA MENGOPTIMALKAN MATHEMATICAL STUDENT ENGAGEMENT. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 366–370. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.224