PENGARUH MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKN KELAS 4 SEKOLAH DASAR
Keywords:
Minat Baca, Prestasi Belajar, PPKNAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar PPKN siswa Kelas IV di Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitin ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV di SD Sono 2 dan SD N Pare 2. Alat Pengumpulan Data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes berupa Pre test dan Post test. Teknik Analisis Data meliputi Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t tes. Hasil Penelitian menunjukan nilai rata-rata diperoleh dari hasil pre test pada kelas control diperoleh rata-rata sebesar 57,14286 dan pre test pada kelas eksperimen sebesr 70,57143. Sedangkan hasil dari nilai postest kelas control sebesar 74,28571 dan kelas eksperimen sebesar 80,28714 yang diperoleh dari hasil tabel distribusi frekuensi. Hasil dari Uji t test juga menjadi dasar pengambilan Keputusan yang menunjukan bahwa hasil nilai taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,011<0,05, maka Ho ditolak dn Ha diterima artinya terdapat pengaruh minat baca siswa pada prestasi belajar mata Pelajaran PPKN Kelas IV SD Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen Tahun Ajar 2023/2024.
Downloads
References
Aldi, Y., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Stress Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Frisian Flag Indonesia Wilayah Padang. INA-Rxiv Dokumen. https://doi.org/10.31227/osf.io/et4rn
Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133
Artana, K. I. (2016). Upaya Menumbuhkaan Minat Baca Pada Anak. Jurnal IImiah Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 1–13.
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120–134. https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p120-134.646
Cahyani, N. M., Indriyanto, E., & Masripah, S. (2016). Uji Validitas dan Reabilitas Terhadap Implementasi Aplikasi Penjualan dan Pembelian. Information System For Educators And Professionals: Journal Of Information System, 1(1), 21–34.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Fitriani, N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pentingnya Pembelajaran Pkn dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai2, 5(3), 9098–9102.
Fuad, Z. Al, & Zuraini. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42–54.
Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Trussmedia Grafika.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.58230/27454312.2
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Herdayati, & Syahrial. (2019). Desain Penelitian danTeknik Pengumpulan Data dalam Penelitian. ResearchGate.
Jamalong, A., & Indajati. (2015). Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(1), 27–38. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i1.174
Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95
Lubis, S. S. W. (2016). Membangun Budaya membaca Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal, 9(1).
M, M. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana.
Magdalena, R., & Angela Krisanti, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35–48. https://doi.org/10.33557/jtekno.v16i1.623
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif. Deepublish.
Mariskhana, K. (2019). Prestasi Belajar Sebagai Dampak Dari Minat Baca Dan Bimbingan Belajar Siswa IPS. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 19(1), 71–78. https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.4454
Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat dan Motivasi dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1215
Nugroho, A. (2013). Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Keselamatan dan Kesehatan Kerja di SMK Negeri 1 Sedayu. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurhadi, N. (2020). Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. Edisi, 2(1), 77–95.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Nursalina, I. A., & Budiningsih, E. T. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal, 3(1).
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854
Putri, A. L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 45–51. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13449
Ratnasari, W. I. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.