PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN: WARISAN DAN TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Rahmawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ummul Khair Uin Alauddin Makassar
  • Miftah Rahman Uin Alauddin Makassar
  • Aswan Aswan Uin Alauddin Makassar
  • Fatmawati Ardilah Uin Alauddin Makassar
  • Nur Anisa Uin Alauddin Makassar
  • Mihrani Mihrani Uin Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2188

Keywords:

Pesantren, , Pendidikan Islam, Warisan, Tranformasi

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai perkembangan pondok pesantren di Indonesia, memahami warisan historisnya, dan mengeksplorasi transformasi dalam konteks pendidikan Islam. Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional, memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan spiritualitas generasi Muslim di Indonesia. Tulisan ini mencakup analisis historis, dinamika perkembangan, dan adaptasi pesantren terhadap tuntutan zaman. Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia, memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan spiritualitas generasi Muslim. Artikel ini menguraikan sejarah dan warisan pondok pesantren, mengungkapkan asal usul dan perkembangannya, serta menganalisis nilai-nilai yang menjadi pijakan pendidikan Islam di pesantren. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi transformasi pondok pesantren dalam menghadapi perubahan zaman..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Ali, “Eksistensi Pendidikan Islam Tradisional di Tengah Arus Modernisasi Pendidikan (Studi terhadap kelangsungan Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri Jawa Timur)”, dalam Irwan Abdullah, dkk (Ed), Agama, Pendidkan Islam dan Tanggung Jawab Sosial Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Pembaharuan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Arifinsyah, 2009, “Mukti Ali dan Dialog Antar Agama: Biografi dan Pemikiran”, Harmoni: Jurnal Multikultural dan Multireligius, Vol VIII, No 30, April-Juni 2009, .

Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII: Melacak AkarAkar Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia, Bandung: Mizan, 1999.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana, 2012.

Bruinessen, Martin Van, NU: Tradisi, RelasiRelasi Kuasa, Pencarian Wacana Baru, Yogyakarta: LKiS, 2008.

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Memadu Modernitas untuk Kemajuan Bangsa, Yogyakarta: Pesantren Nawasea Press, 2009.

Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, 1994.

Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, (Edisi Revisi), Jakarta: LP3ES, 2011.

Fatah, Rohadi Abdul, dkk, Rekonstruksi Pesantren Masa Depan: Dari Tradisional, Modern hingga Post Modern, Jakarta: Listafariska Putra, 2005.

Federspiel, Howard M., "Pesantren." In The Oxford Encyclopedia of the Islamic World.Oxford Islamic Studies Online, http://www.oxfordislamicstudies. com/article/opr/t236/e0632 diakses 7 November 2015.

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994.

Downloads

Published

2024-01-14

How to Cite

Rahmawati, R., Khair, U., Rahman, M., Aswan, A., Ardilah, F., Anisa, N., & Mihrani, M. (2024). PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN: WARISAN DAN TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(1), 380–386. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2188