PEMBELAJARAN QAWA’ID UNTUK MUSTAWA ̅ MUTAQADDIM DENGAN KITAB ALFIYAH IBNU MA ̅LIK
Keywords:
Pembelajaran Qawa’id, Alfiyah Ibni MālikAbstract
Pesantren salafiyah di Indonesia umumnya menerapkan metode Gramatika Tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab, dengan fokus pada penghafalan aturan dan kaidah tata bahasa. Pada tingkat Mustawa Mutaqoddim (lanjutan) dalam pembelajaran Qowa'id, digunakan kitab Alfiyah Ibni Malik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran qawa'id dengan kitab Alfiyah Ibni Malik di kelas 1 dan 2 Tsanawi telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran qawa'id. Pendukungnya termasuk penggunaan teknologi pendidikan, pengajaran oleh guru ahli, bimbingan individu, kelas tambahan, grup studi, kegiatan praktis, evaluasi berkala, umpan balik, dan ruang belajar yang memadai.
Downloads
References
Ahmad Izzan (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humaniora.
Siswanto dkk, (2012). Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Media Perkasa.
Abdul Chaer. (2015) Psikolinguistik (KajianTeoritik. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Fathur Rohman (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).
Andi Holilulloh dkk. (2019). Ringkasan Nahwu Sharaf Karakteristik kitab Alfiyyah Ibnu Malik, al-‘Imrithiy dan Nazham al-Maqshud. Yogyakarta: Trussmedia Grafika
Al-Kholiddaturrohmah. (2022). “Penggunaan Kitab ‘Imrithi Dalam Pembelajaran Qawa’id dan Penguasaan Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Munggang Wonosobo”, (Skripsi Sarjana, FITK UNSIQ Wonosobo).
H.M. Kamil Ramma Oensyar, H. Ahmad Hifni (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Kalimantan Selatan: IAIN ANTASARI PRESS.
Hendri Purba Waseso. (2016). Perencanaan Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.
Muhammad Ainur Rafiq. (2012). Pengembangan Pembelajaran Alfiyyah Ibn Malik di Madrasah Tsanawiyah Qudsiyah Kudus. Dalam Skripsi, (Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga)
M. Khalilullah. (2010). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Adzkiyatul Banat. (2021). “Pembelajaran Qawa’id Menggunakan Kitab Al-Miftah Lil ‘Ulim di Pondo Pesantren Nurul Iman Pasir Wetan Karanglawas Kabupaten Banyumas”. Skripsi Sarjana, FITK IAIN Purwokerto.
Ahmad Izzan. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
M. Sholihuddin Shofwan. (2005). Maqhosid An-Nahwiyyah Pengantar Memahami Alfiyyah. Jombang: Darul Hikmah.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.