PEMBELAJARAN QAWA’ID UNTUK MUSTAWA ̅ MUTAQADDIM DENGAN KITAB ALFIYAH IBNU MA ̅LIK

Authors

  • Abdul Chamid Afif PAI FITK/Universitas Sains Ilmu Al-Qur’an
  • Fatkhurrohman PAI FITK/Universitas Sains Ilmu Al-Qur’an
  • Muhammad Saefullah PAI FITK/Universitas Sains Ilmu Al-Qur’an
  • Sukron Mazid PAI FITK/Universitas Sains Ilmu Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2158

Keywords:

Pembelajaran Qawa’id, Alfiyah Ibni Mālik

Abstract

Pesantren salafiyah di Indonesia umumnya menerapkan metode Gramatika Tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab, dengan fokus pada penghafalan aturan dan kaidah tata bahasa. Pada tingkat Mustawa Mutaqoddim (lanjutan) dalam pembelajaran Qowa'id, digunakan kitab Alfiyah Ibni Malik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran qawa'id dengan kitab Alfiyah Ibni Malik di kelas 1 dan 2 Tsanawi telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran qawa'id. Pendukungnya termasuk penggunaan teknologi pendidikan, pengajaran oleh guru ahli, bimbingan individu, kelas tambahan, grup studi, kegiatan praktis, evaluasi berkala, umpan balik, dan ruang belajar yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Izzan (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humaniora.

Siswanto dkk, (2012). Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Media Perkasa.

Abdul Chaer. (2015) Psikolinguistik (KajianTeoritik. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Fathur Rohman (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).

Andi Holilulloh dkk. (2019). Ringkasan Nahwu Sharaf Karakteristik kitab Alfiyyah Ibnu Malik, al-‘Imrithiy dan Nazham al-Maqshud. Yogyakarta: Trussmedia Grafika

Al-Kholiddaturrohmah. (2022). “Penggunaan Kitab ‘Imrithi Dalam Pembelajaran Qawa’id dan Penguasaan Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Munggang Wonosobo”, (Skripsi Sarjana, FITK UNSIQ Wonosobo).

H.M. Kamil Ramma Oensyar, H. Ahmad Hifni (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Kalimantan Selatan: IAIN ANTASARI PRESS.

Hendri Purba Waseso. (2016). Perencanaan Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Muhammad Ainur Rafiq. (2012). Pengembangan Pembelajaran Alfiyyah Ibn Malik di Madrasah Tsanawiyah Qudsiyah Kudus. Dalam Skripsi, (Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga)

M. Khalilullah. (2010). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Adzkiyatul Banat. (2021). “Pembelajaran Qawa’id Menggunakan Kitab Al-Miftah Lil ‘Ulim di Pondo Pesantren Nurul Iman Pasir Wetan Karanglawas Kabupaten Banyumas”. Skripsi Sarjana, FITK IAIN Purwokerto.

Ahmad Izzan. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

M. Sholihuddin Shofwan. (2005). Maqhosid An-Nahwiyyah Pengantar Memahami Alfiyyah. Jombang: Darul Hikmah.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Afif, A. C., Fatkhurrohman, F., Saefullah, M., & Mazid, S. (2024). PEMBELAJARAN QAWA’ID UNTUK MUSTAWA ̅ MUTAQADDIM DENGAN KITAB ALFIYAH IBNU MA ̅LIK. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(1), 266–273. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2158