MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI UPT SPF SD INPRES MARISO 3 MAKASSAR

Authors

  • Sri Nursinta Pascasarjana Universitas Patompo
  • K, Husain As Pascasarjana Universitas Patompo
  • Suarlin Pascasarjana Universitas Patompo

Keywords:

Manajemen, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan program penguatan pendidikan karakter di UPT SPF SD Inpres Mariso 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru, Pembina Ekstrakurikuler dan Siswa  UPT SPF SD Inpres Mariso 3 Kecamatan Mariso Kota Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter di UPT SPF SD Inpres Mariso 3 dilaksanakan melalui tiga kegiatan utama yaitu 1) terintegrasi dalam pembelajaran 2) terintegrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler 3) terintegrasi pada kegiatan pembiasaan dan pembudayaan. Manajemen penguatan pendidikan karakter UPT SPF SD Inpres Mariso 3 Makasar. meliputi 1) perencanaan penguatan pendidikan karakter 2) pengorganisasian penguatan pendidikan karakter 3) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dan 4) pengawasan penguatan pendidikan karakter..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, Robiatul. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Tsanawiyah Pancasila Gondang Mojokerto”. Tesis. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2016.

Calida Claudia, Handini Prabawati, Maslihatun Malihah, Mutiara Novrezi, Selly Sahara, Dini Safitri. ― Pelatihan Pendidikan Karakter Pada Anak Pekerja Di Yayaysan Swara Peduli Indonesia Jakarta.‖ Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 8, no. 1 (2019)

Dea Farhani. ―Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan.‖ Jurnal Islamic Education Manajemen 4, no. 2 (2019)

Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010

George R. Terry. Principles of Management, Winardi. Bandung: Alumni, 1986.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Hasbiyallah dan Nayif Sujudi. Pengelolaan Pendidikan Islam Teori Dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2019.

Herlambang, Susatyo. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2013.

Husaini, Usman. Manajemen: Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara, 2009.

I Putu Yoga Purandina and I Made Astra Winaya,―Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19,‖ Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2020): 270–90, https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Isnaini, Rohmatun Lukluk “Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam” Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Komalasari, Kokom dan Didin Syarifudin. Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT Repika Aditama, 2017.

Kesuma, Dharma et.al. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Lickona, Thomas. Characther Matters (persoalan karakter) bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas dan kebajikan lainnya, Juma Abdu Wamaungo & Jean Antunes Rudolf Zien (terj.). Jakarta: PT BumiAksara, 2103.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung, Rosdakarya, 2012.

Martinis Yamin dan Maisah. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Ningsih, Tutuk. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press, 2015.

Ningsih, Tutuk.“Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 8 dan SMP Negeri 9 Purwokerto”. Yogyakarta: UNY, 2014

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014. Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pidarta, Made. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Bandung: Rinela, 1997.

R. Terry, George, Prinsip – Prinsip Manajemen, Terj. J. Smith Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Sulistyowati, Endah. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Pratama, 2012.

Sumiyati, Ati Nok. “Manajemen Pengembangan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Negeri 2 Purwokerto” Tesis. Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2016.

Tim Penyusun. Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Tim Penyusun Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Pengorganisasian Sekolah. Jakarta: Dirjen PMPTK, Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas. Jakarta: Dirjen PMPTK, 2009.

Pendidikan Karakter, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2010.

Tim Penyusun Kementerian Pendidikan Nasional. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Umar, Agus Baya. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Pesantren (Di Pondok Pesantren Wahid Hasim Yogyakara)” Tesis. Yogyakara: UNY, 2013.

Yuliani, Nur Fitri. “Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Green School di SD Negeri Kedondong Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas”. Tesis. Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2017

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Nursinta, S., As, K. H., & Suarlin, S. (2022). MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI UPT SPF SD INPRES MARISO 3 MAKASSAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(1), 123–138. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/214