DAYA SAING PRODUK UMKM TERHADAP MARAKNYA PRODUK IMPOR
Keywords:
Daya Saing, UMKM, TeknologiAbstract
Daya saing komoditas yang dihasilkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap produk impor merupakan aspek penting untuk pertumbuhan ekonomi. Kualitas, harga, strategi pemasaran, dan regulasi merupakan sebagian faktor yang mempengaruhi daya saing produk UMKM. UMKM harus terus berinovasi, meningkatkan kapabilitas juang dalam melakukan usaha, terutama pada sektor teknologi, dan memperluas relasi untuk memperluas jaringan bisnis. UMKM memiliki peran yang sangat penting karena merupakan salah satu kontributor terbesar pada bidang pembangunan ekonomi di sebuah negara.
Downloads
References
Hakam, I.A., Fatahillah, K., Faniati, R. N., Izzah, N. N., & Putra, R. S. (2023). A Syestematic Literature Review: Strategi Pengembangan Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Worldview (Jurnal Ekonomi Bisnis dan Sosial Sains), 2(1), 61-72.
Rizqulloh A & Afrianto I. Jurnal Tinjauan Literatur: Pemanfaatan Cloud Computing Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) 1-6.
Maurina A. C & Rusdianto R. Y. (2023). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Terhadap Perdagangan Internasional, 70-76.
Debi S Fuadi, AS Akhyadi, I Saripah (2021). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial, 1-13.
Asep Hidayat, Surya Lesmana, Zahra Latifah. (2022). Jurnal Inovasi Penelitian. Peran
UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional, 1-13.
Perekonomian, k. k. (2023). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem pembiayaan yang terintegrasi. 1-2.
Priscilla Simangunsong, B. (2022). jurnal ekonomi pembangunan. Peluang dan Tantangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), 25-39.
T Theosofi. (2020). Jurnal Ilmiah Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Brawijaya Malang . Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Keripik Buah di Kota Malang, 1-14.
Yohanes. (2014). Jurnal Fakultas Ekonomi Pembangunan Universitas Terbuka. Peranan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia, 1-35.
Windusancono, B. A. (2021). Jurnal Untag Semarang. Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dI Indonesia, 1-14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.