PERENCANAAN PEMBELAJARAN MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Siti Khadijah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah
  • Tri Puspita Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah
  • Maulida Hasnah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i12.1904

Keywords:

Learning Planning, Learning Design, Learning Strategies, And Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Perencanaan pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh guru dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar serta mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan dengan langkah-langkah penyusunan materi pembelajaran, penggunaan media pengajaran, penggunaan metode dan pendekatan pengajaran dan penilaian dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan dalam waktu tertentu. Untuk dapat membuat rancangan perencanaan pembelajaran yang baik dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, seorang guru perlu mengetahui unsur-unsur persiapan pembelajaran, yang antara lain adalah analisis kebutuhan siswa, tujuan-tujuan yang hendak dicapai, serta berbagai strategi yang relevan digunakan dan kriteria evaluasi. Penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan. Kemudian teknik yang digunakan yaitu pengumpulan data melalui beberapa sumber seperti jurnal, artikel, skripsi, tesis, dan informasi lainnya yang relevan dengan artikel ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat apa saja dan bagaimana perencanaan pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ginting, A. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora, 34.

Subroto, S. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 26.

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 20.

Imam Suraji. (Mei 2013). Wamugi dan Aris Nurhamidi, Kemampuan Guru MI yang Bersertifikat Pendidik dalam Menyusun Rencana Pembelajaran (Kasus Kota Pekalongan), Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 1.

Arum Mawar Kinarsih. (2017).Problema Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di SD Muhammadiyah 14 Surakarta, Artikel Publikasi, Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Khumyati. (2017). Peningkatan kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP Melalui Kegiatan Supervisi Klinis di MI Nurul Ulum Kesuben Tegal TP.2015/2016, Dialektika Jurnal PGSD, Vol. 7, No. 1.

Ananda, D. R. (2019). Perencanaan Pembelajaran.

Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran.

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 1–10.

Oviana, W. (2013). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Oleh Guru Sd Dan Mi Di Kota Sabang.

Rindaningsih, I. (2019). Buku Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Mi.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Khadijah, S., Puspita, T., & Hasnah, M. (2023). PERENCANAAN PEMBELAJARAN MADRASAH IBTIDAIYAH. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(12), 5208–5220. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i12.1904